PBSI Incar Dua Gelar di Indonesia Terbuka 2015

Oleh Diya Farida pada 25 Mei 2015, 17:02 WIB
Diperbarui 25 Mei 2015, 17:02 WIB
Indonesia Open 2014 Milik Pebulutangkis Asing
Pasangan Ganda Putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, harus mengakui keunggulan pebulutangkis Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (15-21, 17-21) di final Indonesia Open 2014, (22/6/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bola.com, Jakarta - Kegagalan meraih gelar pada Indonesia Terbuka Super Series Premier (SSP) 2014 tak membuat kubu Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) jadi pesimistis di gelaran tahun ini. Seperti tahun lalu, PBSI kembali mengincar dua gelar juara di Indonesia Terbuka SSP 2015.

“Tahun ini, kami (PBSI) menargetkan dua gelar juara, masing-masing dari ganda putra dan ganda campuran. Namun, akan lebih baik lagi bila ganda putri juga bisa memenangi gelar di Indonesia Terbuka,” tutur Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan di konferensi pers Indonesia Terbuka 2015 di Jakarta, Senin (25/5).

Pada gelaran 2014, prestasi terbaik Indonesia dicatat ganda putra nasional Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan mencapai final. Sayang, di laga pamungkas, Ahsan/Hendra tak mampu mengalahkan seteru bebuyutannya, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (Korea Selatan).

Sementara harapan Merah Putih di nomor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, malah lebih dulu tereliminasi. Pasangan yang biasa disapa Owi/Butet itu terhenti di babak semifinal dari tangan wakil Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin.

Namun begitu, dari segi penyelenggaraan, publik Indonesia boleh berbangga diri. Karena, berdasarkan penilaian Federasi Bulutangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF), turnamen Indonesia Terbuka 2014 terpilih menjadi turnamen terbaik sepanjang musim kompetisi tahun lalu.

Inilah yang kemudian membuat para pemain-pemain terbaik dunia tak pernah mencoret Indonesia Terbuka dari daftar turnamen tahunan mereka.

“Saat ini, sekitar 40 pemain top dunia dipastikan ambil bagian di Indonesia Terbuka 2015. Ini menjadi prestasi tersendiri, karena tidak mudah untuk mendatangkan sedemikian banyaknya pemain terbaik dunia dalam satu turnamen,” ujar Gita.

Turnamen Indonesia Terbuka 2015 akan kembali digelar di Istora Senayan Jakarta pada 2-7 Juni mendatang. Meningkat dari tahun sebelumnya, tahun ini total hadiah uang tunai yang disediakan BCA, selaku sponsor, mencapai Rp 10 miliar.

Baca juga:

PBSI Bidik Dua Titel Kejuaraan Dunia BWF 2015

Ganda Putra Indonesia Usung Target All Final di SEA Games 2015

Jonatan Christie Jadi Tumpuan Tunggal Putra di SEA Games 2015

Bola Beli: Kelebihan dan Kekurangan Sepatu Sepak Bola Nike Mercurial