Harapan Tersisa di Tontowi/Liliyana

Oleh Diya Farida pada 29 Mei 2015, 17:35 WIB
Diperbarui 29 Mei 2015, 17:35 WIB
Tontowi/Liliyana
HARAPAN - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir jadi harapan tersisa Merah Putih di Australia Terbuka SS 2015.(BOLA.COM/PBSI)

Bola.com, Sydney - Ganda campuran nasional, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menjadi satu-satunya harapan tersisa Indonesia di turnamen Australia Terbuka Super Series (SS) 2015. Mencatat kemenangan straight game atas wakil Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, 21-9, 21-12, Jumat (29/5), Tontowi/Liliyana pastikan tempat di semifinal.

Selain memperpanjang durasi aksi mereka di Sydney Olympic Park, Sydney, Australia, kemenangan pasangan yang diplot sebagai unggulan kedua itu sekaligus melunasi utang kekalahan di Piala Sudirman 2015, dua pekan lalu. Sayang, langkah sukses Tontowi/Liliyana ini tidak diikuti unggulan empat Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Ganda putri kebanggaan Indonesia itu kalah dua gim langsung dari unggulan enam Tiongkok, Tang Jinhua/Tian Qing, 18-21, 16-21.

“Kami lebih siap hari ini. Dari awal kami sudah tahu mau bermain seperti apa. Hasilnya, kami bisa menguasai permainan. Mau adu (main) depan atau belakang, kami sudah siap,” ujar Liliyana seusai bertanding, dilansir BadmintonIndonesia.org.

“Sebaliknya, lawan justru terlihat frustasi. Bahkan, pilihan pukulan-pukulan terakhir mereka di gim pertama sudah terlihat bingung,” lanjut pebulutangkis yang biasa disapa Butet itu.

Sejak tertinggal 3-7 di gim pembuka, konsentrasi tanding pasangan suami-istri Adcock memang langsung buyar. Tak kuasa membendung serangan-serangan yang dilancarkan Tontowi/Liliyana, unggulan tujuh itu hanya bisa memenangi enam poin baru.

Sementara Tontowi/Liliyana, sukses memenangi 14 angka hingga menutup gim pertama dengan kemenangan telak.

Masuk ke gim kedua, tak ada perubahan berarti dari permainan duo Adcock. Lagi-lagi mereka tertinggal jauh. Berada di atas angin, Tontowi/Liliyana pun menyudahi pertandingan dalam tempo 29 menit.

Di fase empat besar, ganda campuran peringkat tiga dunia ini akan menjumpai pasangan Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah. Duet Lee/Chau melaju ke semifinal usai menundukkan unggulan tiga asal Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, 21-16, 13-21, dan 21-19.

Baca juga:

Dua Ganda Putra Indonesia Tumbang

Greysia/Nitya Pijak Perempat Final

Edi/Gloria Tumbang di Tangan Ganda Korea

Atlet Anggar Venezuela Peraih Medali Emas Olimpiade Jadi Pengantar Makanan Online