Sukses


Tommy Sugiarto Pulangkan Lin Dan

Bola.com, Jakarta - Kemenangan besar ditorehkan pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, di turnamen BCA Indonesia Terbuka Super Series Premier (SSP) 2015. Berjuang selama tiga gim, Tommy sukses membuat kejutan dengan memulangkan unggulan dua, Lin Dan, 19-21, 21-8, dan 21-16.

Selain melenggang ke babak kedua, hasil positif tersebut sekaligus merevisi rekor pertemuan Tommy dengan Lin menjadi 2-4. Sebelum mencatat kemenangan di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (3/6), Tommy juga pernah mengalahkan Lin di semifinal India Terbuka Super Series (SS) 2015, Maret lalu.

Saat itu, Tommy, yang kini berperingkat 13 dunia, juga menang rubber game, 21-17, 15-21, dan 21-17. "Setelah kalah di gim pertama, saya melihat ada perubahan pada stamina Lin Dan. Dia jadi tidak bisa mengikuti irama permainan saya. Terutama di gim kedua dan ketiga," tutur Tommy seusai bertanding.

"Kunci kemenangan saya tadi adalah keyakinan. Sebelum bertanding, saya sudah merasa yakin bisa menang atas dia. Apalagi, di sini situasinya berbeda," lanjutnya.

Tertinggal satu gim tak membuat Tommy hilang semangat. Di gim kedua, pebulutangkis berusia 27 tahun ini langsung tancap gas hingga memimpin perolehan poin di interval, 11-4.

Keunggulan ini berlanjut sampai gim kedua tuntas. Tanpa banyak memberi perlawanan, Lin tumbang dengan selisih 13 angka.

Memasuki gim penentu, momentum terus berada di tangan Tommy. Tak tanggung-tanggung, kampiun Singapura Terbuka SS 2013 itu unggul 8-0. 

Namun begitu, Lin belum menyerah. Bermain lebih tenang, pebulutangkis peringkat dua dunia asal Tiongkok itu mampu memangkas defisit poinnya menjadi hanya berselisih dua angka saja, 14-16.

Tapi, itulah satu-satunya kemampuan maksimal yang ditunjukkan Lin. Di akhir laga, Tommy tetap berhasil memenangi gim dengan marjin lima poin.

"Tadi di gim ketiga setelah leading jauh, saya memang sempat hilang fokus. Tambah lagi, permainan Lin Dan mulai on. Tapi, saya tetap berjuang. Saya kembalikan fokus saya, bermain lebih tenang dan tidak buru-buru, ikuti ritme permainan dia dulu sebelum mematikan bola,” jelas Tommy.

Selanjutnya, Tommy Sugiarto akan menjumpai pemenang duel antara Marc Zwiebler (Jerman) kontra Scott Evans (Irlandia).

Baca Juga:

Lindaweni Melaju, Indonesia Punya Empat Wakil di Tunggal Putri

Anthony Sinisuka Ginting: Berkah Doa di Gereja

Menangi Perang Saudara, Jonatan Christie Selangkah ke Babak Utama

Video Populer

Foto Populer