Triyaningsih Emas Lagi, Dedeh Perak

Oleh Aning Jati pada 11 Jun 2015, 22:16 WIB
Diperbarui 11 Jun 2015, 22:16 WIB
Triyaningsih
Triyaningsih sukses mennghadirkan emas kedua bagi Indonesia. (Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Singapura - Emas kedua berhasil disumbangkan Triyaningsih di SEA Games 2015. Emas pertama dari 5.000 meter, pada Kamis (11/6) dilengkapi emas dari nomor 10.000 meter. Kedua nomor itu merupakan spesialisasi Triyaningasih.

Berlari di trek lari di Stadion Nasional, pelari asal Salatiga itu terus berada di depan. Pelari asal Thailand, Jane Vongvorachoti, serta Pham Thi Hue (Myanmar), yang membuntuti sejak awal, sulit mengejar Tri, sapaan Triyaningsih.

Tri bahkan meng-overlap beberapa pelari lain yang berada di urutan belakang. "Saya sangat menikmati lari sore ini," kata Tri.

Seperti sebelumnya, Tri melakukan victory lap sambil membawa bendera Merah-Putih untuk meluapkan kebahagiaannya. Keluarga Tri juga terlihat masih mendampingi perjuangan Tri dari tribun penonton.

"Kehadiran mereka jadi pendorong luar biasa. Pikiran-pikiran yang tak perlu langsung hilang begitu melihat mereka dan saya bisa berlari dengan ringan," ujarnya.

Dengan raihan emas ini, Tri makin mengukuhkan diri jadi ratu lari jarak jauh Indonesia. Hanya, catatan waktu 33 menit 44.55 detik yang dibukukan pada SEA Games kali ini belum bisa memecahkan rekor yang dibuat Tri di SEA Games 2009 Laos dengan waktu 32 menit 49.47 detik.

"Sebenarnya saya juga ingin memecahkan rekor itu, tetapi harus ada prioritas untuk saat ini. Saya baru pulih dari cedera dan prosesnya harus seperti ini dulu. Yang penting, saya puas dan gembira dengan emas ini," ungkap Triyaningsih.

Keberhasilan Triyaningsih gagal diikuti pelari gawang senior, Dedeh Erawati. Dia kalah cepat dari pelari gawang Thailand, Wallapa Punsoongneun, yang mendapat medali emas.

Dedeh, yang merebut emas di nomor sama pada SEA Games 2013, finish kedua dan mendapat perak. "Maaf," kata Dedeh, singkat, mengomentari hasil lomba yang baru diikutinya.

Baca Juga:

Agus dan Maria Londa Sumbang Emas dari Atletik

Atletik Sumbang Satu Emas dan Dua Perak untuk Indonesia

Kejar Emas dari Atletik