Sukses


Ini Strategi Cancellara Pertahankan Yellow Jersey TdF 2015

Bola.com, Antwerp - Memasuki hari ketiga penyelenggaraan Tour de France 2015, sesumbar mulai berterbangan di antara para pebalap. Salah satunya dari pemegang yellow jersey saat ini, Fabian Cancellara.

Pebalap sepeda berkebangsaan Swiss yang membela tim Trek Factory Racing itu berujar, bila kehilangan hak pakai yellow jersey di akhir Etape ke-3 Antwerp-Mur de Huy, dia akan mendapatkannya kembali sehari kemudian. Hal itu karena Cancellara punya strategi khusus, yang terbukti jitu di Etape ke-2 Utrecht-Zelande, kemarin.

"Hal buruknya adalah saya tidak pernah membalap di Mur de Huy, jadi balapan nanti akan menjadi balapan perdana bagi saya," tutur Cancellara, dilansir AFP, Senin (6/7/2015).

"Tapi, saya tahu apa yang harus saya lakukan nanti. Saya harus membalap di depan dan menghindari kekacauan. Di etape kemarin, strategi saya juga begitu," sambungnya.

Cancellara membuka peluang memenangi hak pakai yellow jersey pada Etape ke-1 Utrecht. Menjalani balapan time-trial sepanjang 13.8 KM, pebalap sepeda berusia 34 tahun itu hanya tertinggal 6 detik dari Rohan Dennis, yang membela BMC Racing Team.

Kemenangan Cancellara akhirnya terwujud ketika di etape kedua, Dennis terjebak di belakang kecelakaan beruntun para rivalnya. Cancellara pun memimpin klasemen umum sementara dengan rekor 3 jam 44 menit 1 detik.

Cancellaran unggul 3 detik atas pebalap Etixx-Quick Step, Tony Martin, yang berada di urutan kedua. Sementara juara Tour de France tahun lalu, Vicenzo Nibali, yang membalap untuk Astana Pro Team, tercecer di peringkat ke-33, dengan catatan waktu 2 menit 9 detik lebih lambat dari Cancellara.

"Saya sudah mengatakan sejak awal balapan, Tour de France tahun ini adalah tur terakhir saya. Bisa mengenakan yellow jersey merupakan bonus besar bagi saya. Saya sangat bahagia," kata Cancellara.

Di Etape ke-3 Antwerp-Mur de Huy Tour de France 2015 yang berlangsung malam nanti WIB, Fabian Cancellara akan mengenakan yellow jersey, sebagai petanda dirinya merupakan pimpinan klasemen. Sementara green jersey, yang menjadi simbol bagi pebalap tercepat di sektor sprint, dikenakan Andre Greipel (Lotto-Soudal).

Berikut Klasemen Umum Tour de France 2015 (sampai Etape ke-2 Utrecht-Zelande):

1. Fabian Cancellara (Trek Factory Racing), 3 jam 44 menit 1 detik
2. Tony Martin (Etixx-Quick Step), +3 detik
3. Tom Dumoulin (Team Giant-Alpecin), +6 detik
4. Peter Sagan (Tinkoff-Saxo), +33 detik
5. Geraint Thomas (Team Sky), +35 detik
6. Daniel Oss (BMC Racing Team), +42 detik
7. Rigoberto Uran Uran (Etixx-Quick Step), +42 detik
8. Tejay Van Garderen (BMC Racing Team), +44 detik
9. Greg Van Amermaet (BMC Racing Team), +48 detik
10. Chris Froome (Team Sky), +48 detik

Baca juga:

Andre Greipel Menangi Etape ke-2 Tour de France 2015

Olah Raga Baru Sebatas Tontonan di Indonesia

Ingin Comeback di Usia 42 Tahun, De La Hoya Incar Mayweather

Video Populer

Foto Populer