Sukses


Ini Dia Alasan Kompetisi Basket Tanah Air Kembali Berganti Nama

Bola.com, Jakarta - Pergantian operator penyelenggara liga basket profesional Indonesia berimbas ke perubahan nama kompetisi. Tak lagi memakai nama National Basketball League (NBL), mulai musim depan liga basket profesional tertinggi di Tanah Air akan kembali menggunakan nama Indonesia Basketball League (IBL).

Dijelaskan Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Amran A. Sinta, penggunaan kembali nama IBL tak lepas dari Surat Keputusan PP Perbasi 2003.

"Pada tahun 2003, Perbasi menggelar musyawarah nasional. Salah satu amanat yang lahir di situ adalah penggunaan nama Indonesian Basketball League (IBL) sebagai nama resmi liga basket profesional tertinggi di Tanah Air. Namun, nama ini sempat hilang karena operator sebelumnya memilih menggunakan nama lain, yakni National Basketball League (NBL)," jelas Amran, di konferensi pers MoU antara PP Perbasi - Starting Five di Senayan, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

"Mulai musim depan, kami akan kembali memakai nama IBL. Untuk menghormati amanat Munas Perbasi 2003," sambung mantan pebasket Satria Muda Britama Jakarta itu.

Perubahan nama juga dilakukan pada liga basket profesional wanita. Tak lagi memakai nama Women's National Basketball League (WNBL), kubu Perbasi - Starting Five sepakat menggunakan nama Women's Indonesian Basketball League (WIBL) sebagai identitas baru.

IBL-WIBL akan resmi digelar Starting Five pada Januari 2016. Khusus untuk IBL, awal kompetisi bakal ditandai dengan turnamen pra-musim, yang dihelat di akhir tahun ini alias sebulan sebelumĀ tip-off.

Selaku operator baru, Starting Five diberi kepercayaan selama dua musim dengan opsi perpanjangan kontrak hingga tiga musim berikutnya. Amran berharap, kerja sama ini bisa berjalan langgeng dan sesuai harapan.

"Prinsip dasarnya, PP Perbasi tetap mengawasi jalannya liga. Namun, kami tidak akan mencampuri konsep dan kreativitas turnamen yang dikembangkan Starting Five. Karena dalam paparan mereka kepada kami, intinya sama. Ingin memajukan kompetisi bola basket di Indonesia dengan suguhan pertandingan yang baik. SDM mereka juga profesional di bidangnya masing-masing," tandas Amran.

Baca juga:

Lahir Kembali, IBL Siap Digelar Januari 2016

Dibungkam Filipina, Tim Basket Putra Indonesia Hanya Raih Perak

Raih Medali Perak, Timnas Basket Putri Ulang Memori SEA Games '91

Video Populer

Foto Populer