Sukses


Kejuaraan Dunia BWF 2015: PBSI Gelar Live Drawing Pertama

Bola.com, Jakarta - Terobosan baru dilakukan Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pada pengundian (drawing) pertandingan Kejuaraan Dunia BWF 2015. Untuk kali pertama, proses pengundian pertandingan digelar secara langsung alias live drawing.

"Ini suatu kemajuan di bulu tangkis. Karena untuk pertama kalinya, proses pengundian bisa dilihat oleh pihak-pihak lain, termasuk media. Jadi, bisa mengurangi kecurigaan," tutur perwakilan wasit (referee) BWF, Anthony Linggian, yang ditunjuk sebagai saksi pengundian pertandingan Kejuaraan Dunia BWF di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Proses drawing Kejuaraan Dunia BWF 2015 melibatkan sejumlah tokoh olah raga, mulai dari Sekretaris Jenderal PBSI Anton Subowo, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), sampai Presiden BWF Poul Erik Hoyer Larsen. Masing-masing dari mereka tampil sebagai pihak pengundi.

Drawing Kejuaraan Dunia BWF 2015

Menggunakan sistem electronic drawing, yang bisa menghasilkan jadwal pertandingan hanya dengan satu kali klik, proses pengundian Kejuaraan Dunia BWF 2015 berjalan sangat cepat. Tak sampai 10 menit, semua jadwal pertandingan sudah tersusun rapi.

"Sistem ini sebetulnya sudah kami terapkan sejak lama. Sekitar 10 tahun lalu. Tapi memang sebelumnya tidak pernah diketahui publik. Baru kali ini, kami menyiarkannya langsung, jadi sepertinya orang-orang baru tahu sistem ini sekarang," jelas Linggian lagi.

Tahun ini, Kejuaraan Dunia BWF akan diikuti 352 atlet. Rinciannya, 64 pemain tunggal putra, 48 pemain tunggal putri, 96 (48 pasang) ganda putra, 96 (48 pasang) ganda putri, dan 96 (48 pasang) ganda campuran.

Skuat Indonesia diwakili 28 pemain, yang turun di semua nomor. Selain mengandalkan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, tim Merah Putih di Kejuaraan Dunia BWF 2015 juga diperkuat ganda putri peraih medali emas Asian Games 2014, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Video Populer

Foto Populer