Greysia / Nitya Diproyeksikan Jajal Ganda Campuran

Oleh Yus Mei Sawitri pada 18 Agu 2015, 08:06 WIB
Diperbarui 18 Agu 2015, 08:06 WIB
Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari
DUA NOMOR - Greysia Polii / Nitya Krishinda Maheswari kemungkinal bakal dijajal turun di dua nomor sekaligus, ganda putri dan ganda campuran. (Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Jakarta - Ganda putri Indonesia Greysia Polii / Nitya Krishinda Maheswari dinilai punya potensi mendulang medali di Olimpiade Rio de Jenairo 2016. Hal itu tak lepas dari penampilan apik mereka di Kejuaraan Dunia 2015 yang berujung medali perunggu. 

Kabid Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Rexy Mainaky, menyatakan peluang Greysia /Nitya menyumbangkan medali di Olimpiade terbuka asal mendapat perlakuan khusus. Salah satu alternatifnya menjajal kedua pemain turun di nomor ganda putri sekaligus ganda campuran.

“Saya sudah berbicara kepada Eng Hian (pelatih ganda putri) bahwa mereka tidak bisa disamakan dengan yang lain. Jika itu dilakukan peluang mereka di Olimpiade tahun depan cukup baik,” kata Rexy, saat dijumpai wartawan di acara Yonex The Legends Vision di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (17/8/2015).

Langkah Greysia / Nitya di ajang Kejuaraan Dunia 2015 terhenti di babak semifinal, setelah dilibas ganda putri Tiongkok, Tian Qing / Zhao Yunlei. Setelah melihat partai tersebut, Rexy mengaku mendapat masukan tentang Yunlei yang jadi kekuatan utama ganda putri Tiongkok itu. Selain bermain di ganda putri, Yunlei juga turun di ganda campuran bersama Zhang Nan. Hebatnya, Yunlei mampu juara di dua nomor tersebut. Total Yunlei telah mengoleksi lima titel di kejuaraan dunia.

“Anak saya bilang Zhao Yunlei bisa lebih tangguh karena terbiasa menerima smash dari pemain laki-laki. Jadi porsi latihan melawan pemain putra perlu diperbanyak,” kata Rexy. 

Rexy kemungkinan memproyeksikan Greysia / Nitya untuk turun di nomor ganda campuran. Tujuannya memperkokoh pertahanan ganda putri andalan Indonesia tersebut. Namun, Rexy tak mau memasangkan Greysia dan Nitya dengan pemain sembarangan. Harus dengan pebulutangkis yang punya potensi mendongkrak performa keduanya.

“Kemungkinan Greysia dan Nitya bakal dijajal turun di dua nomor, ganda putri dan ganda campuran. Tapi kami juga harus melihat laju poin mereka di kualifikasi ganda putri dahulu,” ujar Rexy.

Baca Juga: 

Juara Dunia Ahsan / Hendra Keok Lawan Ganda Dadakan Ini

Juara Dunia, Carolina Marin Banjir Ucapan Selamat

Minus Lin Dan, Tiga Legenda Dunia Promosikan Bulutangkis