4 Ganda Campuran Indonesia Tembus 15 Besar Dunia

Oleh Diya Farida pada 26 Sep 2015, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Sep 2015, 17:00 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Bola.com/Arief Bagus)
TOP 15 - Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memimpin tiga pasangan nasional lainnya di tabel peringkat dunia. Saat ini, Indonesia punya empat wakil di top 15 nomor ganda campuran.(Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Jakarta - Rekor apik ditorehkan skuat ganda campuran nasional Indonesia pada tabel peringkat dunia BWF. Memasuki akhir September 2015, sebanyak empat pasangan Merah Putih sukses menembus posisi 15 besar dunia. Siapa saja mereka?

Selain Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menempati peringkat kedua dunia, pasangan ganda campuran Indonesia yang masuk dalam posisi tersebut ialah Praveen Jordan/Debby Susanto, Riky Widianto/Richi Puspita Dili, dan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja.

Duet Praveen/Debby kini menduduki peringkat kesembilan dunia. Disusul duo R, Riky/Richi di urutan ke-11 dunia, dan pasangan muda potensial, Edy/Gloria, di posisi ke-12 dunia.

Pelatih Kepala Ganda Campuran Nasional, Richard Mainaky, mengatakan keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras berkesinambungan antara pemain, pelatih, dan juga induk organisasi bulu tangkis Tanah Air, PBSI.

"Selain dukungan PBSI, pembinaan sejak dini juga penting. Seleksi dan rekrutmen pemain tepat ke dalam pelatnas juga membantu pencapaian ini. Atlet-atlet di pelatnas sejatinya yang punya potensi dan prospek bagus ke depannya," ujar Richard, kepada Bola.com, Sabtu (26/9/2015).

"Baru kali ini, saya bisa meloloskan empat pasangan ke level 15 besar dunia. Hal ini menandakan adanya perubahan baik di kepengurusan. Pembinaan dan regenerasi khususnya di ganda campuran berjalan baik. Semoga program pembinaan ini bisa berjalan konsisten hingga Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang," lanjutnya.

Saat ini Indonesia menjadi salah satu dari dua negara yang mampu menempatkan empat wakil ganda campurannya di top 15. Selain Indonesia, Tiongkok juga mencatat hal sama.

Namun, lebih baik dari Indonesia, empat perwakilan skuat Negeri Tirai Bambu hanya tersebar sampai peringkat delapan besar. Mereka adalah Zhang Nan/Zhao Yunlei (1), Xu Chen/Ma Jin (3), Liu Cheng/Bao Yixin (4), dan Lu Kai/Huang Yaqiong (8).

Sisanya, diisi Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (5/Denmark), Chris Adcock/Gabrielle Adcock (6/Inggris), Ko Sung-hyun/Kim Ha-na (7/Korea Selatan), Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah (10/Hong Kong), Mads Pieler Kolding/Kamilla Rytter Juhl (13/Denmark), Michael Fuchs/Birgit Michels (14/Jerman), dan Jacco Arends/Selena Piek (15/Belanda).

Baca juga:

Ahsan / Hendra Ingin Jadi Juara di Denmark dan Prancis

Tontowi Ahmad Bicara Soal Target Olimpiade dan Idul Adha

Akhir Tahun, Greysia / Nitya Diharapkan Masuk 4 Besar Dunia