Tontowi / Liliyana Susah Payah Kalahkan Wakil Tuan Rumah

Oleh Diya Farida pada 14 Okt 2015, 06:30 WIB
Diperbarui 14 Okt 2015, 06:30 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Bola.com/Arief Bagus)
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, dipaksa berjuang keras sebelum memenangi pertandingan atas wakil tuan rumah, Niclas Nohr/Sara Thygesen, di Lapangan 2 Odense Sports Park, Odense, Denmark, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB.(Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Odense - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, membuka perjuangan mereka di turnamen Denmark Terbuka Super Series Premier (SSP) 2015 dengan hasil akhir yang baik. Menjumpai wakil tuan rumah, Niclas Nohr/Sara Thygesen, pada babak pertama yang dihelat di Lapangan dua Odense Sports Park, Odense, Denmark, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB, Tontowi/Liliyana menang straight game, 21-15, 21-19.

Kendati terbilang cukup cepat menuntaskan laga perdana mereka, pasangan yang diplot sebagai unggulan kedua ini sejatinya susah payah mengalahkan Nohr/Thygesen. Sejak awal pertandingan, pasangan non-unggulan itu kerap memberi perlawanan sengit kepada Tontowi/Liliyana.

Tampil inkonsisten, ganda campuran yang akrab disapa Owi/Butet ini sempat membuat para pendukungnya menahan nafas. Terutama di gim kedua.

Beruntung, sebagai pemain top dunia, pengalaman jelas menjadi keunggulan Tontowi/Liliyana atas Nohr/Thygesen. Setelah bertarung selama 39 menit, Tontowi/Liliyana berhasil menggengam tiket babak kedua.

Jalannya Pertandingan

Tontowi/Liliyana membuka gim pertama dengan penampilan kurang oke. Mereka sempat tertinggal 0-5 sebelum akhirnya memenangi empat poin beruntun.

Setelah imbang 6-6, kedua pasangan terlibat dalam kejar-kejaran poin. Namun, pengalaman bertanding membawa ganda campuran yang akrab disapa Owi/Butet itu lebih dulu memenangi poin interval.

Pasca interval, perebutan poin antara kedua pasangan kembali berjalan sengit. Meski kalah dari sisi peringkat dunia, Nohr/Thygessen terus memberi perlawanan yang menyulitkan Tontowi/Liliyana.

Baru di kedudukan 16-15, Tontowi/Liliyana akhirnya bisa lepas dari tekanan lawan. Memenangi enam poin beruntun, ganda campuran berperingkat kedua dunia itu menyudahi gim pertama dengan kemenangan.

Masuk ke gim kedua, irama permainan Tontowi/Liliyana langsung nyetel di awal laga. Tak seperti gim pembuka, di gim ini, Owi/Butet mampu unggul lima poin (7-2), sebelum mencapai interval dalam kedudukan 11-8.

Selepas interval, inkonsistensi performa kembali menyergap Tontowi/Liliyana. Mereka bahkan sempat berbalik tertinggal pada kedudukan 14-15, 15-16, dan 16-17.

Tapi, sekali lagi, kematangan mental bertanding yang dimiliki Tontowi/Liliyana menjadi penyelamat. Seusai memenangi poin ke-18, laju Tontowi/Liliyana tak lagi terbendung. Meski sempat mendapat ujian dari Nohr/Thygesen, Tontowi/Liliyana tetap bisa menyegel kemenangan gim kedua dan berhak melangkah ke babak kedua.

9 Wakil Tersisa

Selain Tontowi/Liliyana, kemenangan juga dikantongi Praveen Jordan/Debby Susanto. Bentrok melawan wakil Rusia, Vitalij Durkin/Nina Vislova, Praveen/Debby menang straight game, 21-18, 21-16.

Sayangnya, kemenangan Tontowi/Liliyana dan Praveen/Debby ini tidak diikuti rekan mereka di pemusatan latihan nasional (pelatnas), Riky Widianto/Richi Puspita Dili. Menjumpai unggulan teratas asal Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei, Riky/Richi kalah dua gim langsung, 15-21, 19-21, dalam tempo 36 menit.

Dengan hasil tersebut, maka peluang Indonesia meraih gelar juara di Denmark Terbuka SSP 2015 tersisa di tangan 9 wakil. Termasuk dari ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan ganda putri Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii, yang baru akan bertanding malam nanti.

Hasil lengkap hari pertama Denmark Terbuka SSP 2015 bisa diakses di sini.

Baca juga:

Hadapi Li Xuerui, Linda Siap Tempur

2 Wakil Indonesia Tempati Unggulan Teratas China Taipeh GP 2015

Lee Chong Wei Tak Dihantui Memori Buruk di Denmark