Bungkam Ganda Tiongkok, Tontowi / Liliyana ke Final Denmark SSP

Oleh Diya Farida pada 17 Okt 2015, 18:06 WIB
Diperbarui 17 Okt 2015, 18:06 WIB
Tontowi / Liliyana Segel Tiket Semifinal
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menjejak final Denmark Terbuka SSP 2015 setelah membungkam wakil Tiongkok, Liu Cheng/Bao Yixin, di semifinal yang berlangsung di Lapangan 1 Odense Sports Park, Sabtu (17/10/2015).(PBSI)

Bola.com, Odense - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menjejak final turnamen Denmark Terbuka Super Series Premier (SSP) 2015 setelah mengalahkan pasangan Tiongkok, Liu Cheng/Bao Yixin. Bentrok di laga semifinal yang dihelat di Lapangan 1 Odense Sports Park, Odense, Denmark, Sabtu (17/10/2015), Tontowi/Liliyana menangĀ straight game, 21-18, 21-16, dalam tempo 43 menit.

Tak cuma menghasilkan tiket di laga pamungkas, kemenangan pasangan peringkat kedua dunia itu sekaligus memperpanjang rekor apik mereka atas Liu/Bao. Hingga pertandingan babak empat besar Denmark Terbuka SSP 2015 petang ini WIB, Tontowi/Liliyana unggul 5-2 atas pasangan Tiongkok tersebut.

Sebelum membungkam Liu/Bao di Odense Sports Park, ganda campuran yang biasa disapa Owi/Butet ini juga mengalahkan Liu/Bao di perempat final Indonesia Terbuka SSP 2015, Juni lalu.

Jalannya pertandingan

Gim pertama berjalan baik bagi Tontowi/Liliyana. Sejak perebutan poin pertama, unggulan ketiga ini sudah memegang kendali permainan. Namun, bukan berarti Liu/Bao tampil tanpa perlawanan.

Setelah tertinggal 4-8, unggulan ketujuh itu langsung tancap gas dan memenangi empat poin beruntun. Sejak itulah, kedua pasangan mulai terlibat kejar-kejaran poin.

Baru di fase poin-poin akhir, Tontowi/Liliyana bisa lepas dari tekanan Liu/Bao. Sempat imbang 18-18, Tontowi/Liliyana merampungkan gim pertama dengan memenangi tiga poin terakhir.

Unggul satu gim tak lantas membuat permainan Tontowi/Liliyana semakin nyaman. Di awal gim kedua, mereka justru harus tertinggal 0-3 terlebih dulu sebelum meraih poin demi poin.

Titik klimaks pertama Tontowi/Liliyana terjadi di kedudukan 7-10. Defisit tiga poin, Owi/Butet berbalik unggul setelah memenangi empat poin beruntun. Mereka menutup interval dalam kedudukan 11-10.

Selepas interval, permainan Tontowi/Liliyana lebih stabil. Terus menjaga konsistensi, keduanya tak berhenti mendulang poin.

Sebaliknya, lawan yang sudah berada di bawah tekanan hanya bisa sesekali mencuri poin. Di akhir laga, Tontowi/Liliyana berhasil menang dengan keunggulan lima poin.

Indonesia masih berpeluang menambah wakil lagi di final Denmark Terbuka SSP 2015 lewat tunggal putra, Tommy Sugiarto. Pemain non-pelatnas yang baru saja membuat kejutan besar dengan menyingkirkan andalan tuan rumah, Jan O Jorgensen, dijadwalkan bertanding melawan unggulan ketujuh dari China Taipeh, Chou Tien Chen.

Baca juga:

Kejutan, Tommy Singkirkan Jan O Jorgensen

Tontowi / Liliyana Segel Tiket Semifinal

Ahsan / Hendra Terhenti, Indonesia Sisakan 2 Wakil di Denmark SSP

Lomba Lari Xiamen Marathon di China Diikuti 12.000 Peserta