Ke Final, Marcus / Kevin Selangkah Raih Gelar Pertama

Oleh Diya Farida pada 17 Okt 2015, 18:50 WIB
Diperbarui 17 Okt 2015, 18:50 WIB
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (PBSI)
Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, melangkah ke final China Taipeh Terbuka GP 2015 setelah memenangi pertarungan sengit rubber game atas wakil Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, di Hsing Chuang Gymnasium, Sabtu (17/10/2015) (PBSI)

Bola.com, Taipeh - Misi ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, meraih gelar pertama di turnamen China Taipeh Terbuka Grand Prix (GP) 2015 terus terjaga.

Meski harus melewati duel sengit sepanjang 48 menit di Hsing Chuang Gymnasium, Sabtu (17/10/2015), Marcus/Kevin tetap bisa menang 17-21, 21-13, dan 22-20, atas wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Kini, Marcus/Kevin tinggal selangkah lagi memenuhi target mereka, meraih gelar pertama sejak bertandem di tahun ini.

Tak seperti tiga laga sebelumnya yang selalu berkesudahan straight game, pertandingan kontra Hoki/Kobayashi justru berjalan ketat. Bahkan, unggulan pertama ini harus tertinggal satu gim terlebih dulu sebelum memenangi dua gim terakhir atas Hoki/Kobayashi, yang 'cuma' diplot sebagai unggulan kelima.

Harus diakui, keuletan bermain yang merupakan ciri khas pemain-pemain Jepang juga menjadi andalan Hoki/Kobayashi. Kendati dari segi peringkat dunia mereka tertinggal jauh dari Marcus/Kevin (91 dunia berbanding 22 dunia), Hoki/Kobayashi tetap bisa memberi perlawanan setimpal.

Beruntung, perubahan strategi yang diterapkan Marcus/Kevin pada gim kedua terbukti jitu. Di gim ini, Marcus/Kevin mampu mengalahkan lawannya dengan marjin delapan poin.

Pertarungan sengit kembali terjadi di gim penentu. Sama-sama tak mau kalah, baik Marcus/Kevin maupun Hoki/Kobayashi, terus terlibat kejar-kejaran poin sampai adu setting.

Namun, berbekal pengalaman dan mental bertanding yang sudah mulai mapan, Marcus/Kevin pada akhirnya keluar sebagai pemenang. Di final, Marcus/Kevin akan menjumpai unggulan keempat dari Malaysia, Hoon Thien How/Lim Khim Wah.

Sejauh ini, Indonesia sudah menempatkan tiga wakil di final China Taipeh Terbuka GP 2015. Selain Marcus/Kevin, ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istirani juga melangkah ke final seusai menjungkalkan unggulan pertama dari Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, 12-21, 21-17, dan 21-19.

Anggia/Ketut berpeluang melakoni All Indonesian Final bila rekan sepelatnas mereka, Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah, meraih hasil serupa atas wakil Negeri Sakura lainnya, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto.

Sementara itu, dari nomor tunggal putra, skuat Merah Putih dipastikan menempatkan satu wakilnya di final lantaran dua pemain senior, Simon Santoso dan Sony Dwi Kuncoro, bertemu di laga semifinal.

Hasil sementara semifinal China Taipeh Terbuka GP 2015 bisa diakses di sini.

Baca juga:

Ihsan Terhenti di Semifinal China Taipeh 2015

Indonesia Tempatkan 8 Wakil di Semifinal China Taipeh GP