Pesaing Rio Haryanto Ini Yakin Amankan 1 Kursi di Manor

Oleh Yus Mei Sawitri pada 22 Nov 2015, 20:40 WIB
Alexander Rossi

Bola.com, Jakarta - Pebalap Amerika Serikat, Alexander Rossi, yakin bakal mengamankan satu kursi di tim Formula 1 (F1), Manor Marussia, pada musim depan. Hal ini tentu menjadi ancaman serius bagi pebalap andalan Indonesia, Rio Haryanto, yang juga mengincar satu tempat di tim tersebut.

Rossi saat ini berstatus sebagai pebalap Manor dan telah menjalani lima balapan, termasuk saat turun di GP Brasil pekan lalu. Penampilannya cukup mengesankan, dengan berhasil finis di depan rekan setimnya, Will Stevens, dalam tiga balapan. Namun, di GP Brasil, Rossi finis di belakang rekan setimnya tersebut. 

Berbekal catatan itulah, Rossi optimistis bakal mendapat kesempatan melanjutkaan kerja sama dengan Manor pada musim depan. Kini, dia hanya bisa menanti keputusan Bos Manor, Stephen Fitzpatrick.

Manor adalah satu-satunya tim yang belum mengumumkan susunan pebalapnya untuk musim depan. Selain Rossi, disebut-sebut ada tiga pebalap lain yang berpeluang bergabung dengan Manor, yaitu Rio Haryanto, Will Stevens, dan Pascal Whirlein.

“Saya selalu melihat apa yang sudah saya lakukan dan berpikir 'seharusnya bisa melakukan lebih baik’. Tetapi, saya berpikir telah melakukan tugas dengan baik dan memberi bukti bahwa saya sangat mampu menjadi pebalap F1 di level ini,” ujar Rossi, seperti dilansir Autosport, Minggu (22/11/2015).

“Tentang peluang saya (memperkuat Manor lagi), saya yakin. Seperti yang sudah saya katakan, saya melakukan tugas yang sangat bagus dengan mobil F1 ini. Digabungkan dengan hasil di GP2 sepanjang tahun ini, saya berada di posisi yang sangat kuat untuk musim depan,” imbuhnya.

Optimisme Rossi mendapatkan satu tempat di Manor menguat karena merasa punya hubungan baik dengan tim tersebut.

“Hubungan saya dengan tim sangat baik. Tapi apa artinya ini semua, saya tidak tahu. Lagipula banyak pebalap yang memperebutkan dua kursi itu (di Manor).”

Di sisi lain, Rio Haryanto masih berusaha mencari dana untuk membiayainya bergabung dengan Manor. Pebalap Campos Racing itu butuh Rp 225 miliar untuk disetorkan ke tim F1 tersebut. Namun, hingga saat ini Rio baru mengantongi sepertiga dari dana yang dibutuhkan. Manor kembali memberi kelonggaran dengan memperpanjang deadline penyetoran uang, hingga akhir November ini.