Sukses


3 Alasan Gabung Manor Jadi Lompatan Menjanjikan bagi Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Bergabung ke tim Formula 1 (F1) Manor Marussia bisa menjadi lompatan menjanjikan bagi pebalap Indonesia, Rio Haryanto. Salah satu alasannya, Manor diprediksi lebih kompetitif pada musim depan.

Pada musim balap F1 2015, Manor berada di urutan buncit dalam urusan prestasi. Tim yang bermarkas di Donnington, Inggris, tersebut gagal meraup poin. Catatan waktu yang dibukukan para pebalap Manor juga sangat jauh dibanding pebalap-pebalap tim lain.

Namun, Manor diperkirakan bisa lebih kompetitif dan berpeluang mendulang poin pada 2016. Hal itu tak terlepas dari sejumlah perubahan yang akan terjadi. Hal itulah yang membuat Rio Haryanto sangat berharap keinginannya tampil di ajang F1 bersama Manor bisa benar-benar terealisasi.

Saat ini yang menjadi penghalang antara Rio dan Manor hanyalah dana. Jika mampu menyetorkan dana senilai Rp 225 miliar seperti yang diminta Manor, satu kursi di tim F1 tersebut bakal menjadi milik pria asal Solo, Jawa Tengah, tersebut.

Inilah 3 alasan  bergabung dengan Manor bisa jadi loncatan karier yang menjanjikan buat Rio Haryanto, seperti diungkapkan pada sesi jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu (3/12/2015).

1. Mencicipi Arena F1

Alasan pertama tentu saja karena Manor adalah tim Formula 1, ajang tertinggi balap mobil dunia. Rio mengatakan saat ini sedang berada di performa terbaik di GP2 sehingga sudah waktunya naik level ke F1.

Tampil di arena F1 bukan hanya mengangkat nama Rio pribadi, tetapi juga nama Indonesia di kancah internasional.

“Masuk ke Formula 1 itu sama seperti jika timnas sepak bola tampil di Piala Dunia. F1 adalah hal tertinggi di ajang balap mobil. Makanya saya berharap ada dukungan dari pemerintah dan pihak lain, supaya bisa tampil di F1,” kata Rio Haryanto.

“Ada tiga faktor untuk bisa tampil di F1, yaitu skill, sponsor, dan kesempatan. Sekarang yang dua sudah ada, tinggal sponsor saja,” imbuhnya.

2 dari 3 halaman

1

2. Manor Diprediksi Lebih Kompetitif Musim Depan

Pada musim depan, Manor diprediksi bakal tampil berbeda setelah mendapat dukungan dari Mercedes dan Williams. Peluang meraih poin bakal lebih terbuka. Manor diyakini bisa melakukan lompatan yang cukup signifikan.

“Manor bakal menggunakan mobil baru dengan mesin dari Mercedes. Mudah-mudahan lebih kompetitif karena ada kerja sama juga dengan Williams. Tahun depan Manor bakal ada step lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya,” ujar pria berusia 22 tahun tersebut.

“Jika jadi bergabung dengan Manor, target saya mendapatkan poin. Dengan mesin dan sasis baru, performa mobil tentu lebih baik,” imbuh dia.

3 dari 3 halaman

2

3. Menikmati Mesin Mobil seperti yang Dipakai Lewis Hamilton

Rio mengaku antusias bergabung dengan Manor karena mesin barunya akan sama dengan yang digunakan juara F1 2015, Lewis Hamilton. Sama-sama dipasok Mercedes. Ini tentu jadi pengalaman yang sangat berguna bagi seorang pebalap muda seperti dirinya.

“Yang jelas Manor punya step up dalam hal spesifikasi mobil. Mesinnya sama seperti yang digunakan Lewis Hamilton. Jika ditambah sasis yang juga baru, kecepatannya bisa naik signifikan sekitar 2 detik/lap lebih baik dibanding sebelumnya,” kata dia.

 

Video Populer

Foto Populer