Sukses


Tim F1 Manor Sudah Sediakan 1 Kursi untuk Rio Haryanto, tapi...

Bola.com, Jakarta - Tim Formula 1, Manor Marussia, telah memberi lampu hijau kepada Rio Haryanto untuk bergabung dengan mereka. Kontrak juga sudah disodorkan oleh pihak Manor untuk ditandatangani oleh Rio.

Namun, kesepakatan hanya bisa terjadi jika pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut menyerahkan dana senilai 15 juta euro (sekitar Rp 225 miliar) kepada tim yang bermarkas di Inggris tersebut.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, mengatakan Senin (7/12/2015) pagi mendapat email dari pihak Manor yang ditandatangani sang owner, Stepgen Fitzpatrick. Dalam email itu disebutkan mereka terkesan dan puas dengan performa Rio saat melakoni tes di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Selasa (1/12/2015) pekan lalu.

Dalam tes untuk menguji ban Pirelli tersebut, Rio melahap 56 lap, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 49,593 detik. Manor menilai Rio punya kemampuan membalap di ajang Formula 1. Oleh karena itu, mereka menyediakan satu kursi bagi pebalap berusia 22 tahun tersebut.

“Tadi pagi ada surat dari Manor, intinya mereka terkesan dengan penampilan Rio saat uji coba. Mereka berharap Rio bisa menjadi pebalap Manor untuk musim 2016 dan diharapkan kontrak bisa ditandatangani pekan depan,” kata Indah, saat dihubungi bola.com, Senin (7/12/2015).

“Jadi Manor sudah menyediakan satu kursi untuk Rio. Tapi persoalannya kembali lagi seperti kemarin-kemarin. Kontrak belum bisa ditandatangani kalau kami belum bisa menyerahkan dana. Masalahnya sampai sekarang dana yang kami butuhkan belum cukup,” imbuh dia.

Menurut Indah, belum ada perkembangan signifikan dalam pengumpulan dana. Rio Haryanto baru mengantongi 5 juta euro yang sudah dijanjikan oleh Pertamina. Sisanya, belum ada sponsor yang bersedia memberikan dukungan.

“Sepekan ke depan kami akan berusaha mencari dana lagi. Semoga ada alternatif lain soal pembayaran dana ke Manor. Ini kesempatan emas bagi Indonesia untuk punya pebalap di Formula 1. Semoga sepekan ini ada keajaiban dalam mencari dana, sehingga kontrak dengan Manor bisa ditandatangani,” imbuh Indah.

Video Populer

Foto Populer