Sukses


Rio Haryanto: Semoga dalam 2 Hari Keputusan FIA Sudah Turun

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, masih menunggu verifikasi dari Federasi Otomotif Internasional (FIA). Hingga kini, Rio mengatakan proses itu masih berjalan.

Jika keputusan FIA sudah turun dan hasilnya positif, Rio dipastikan bakal tampil di ajang F1 musim depan bersama tim F1, Manor. 

"Kami masih menunggu, yah namanya masih dalam proses. Saya berharap dalam satu atau dua hari ke depan sudah ada jawaban," ujar Rio saat ditemui wartawan, di Kantor Kemenpora, Kamis (17/12/2015).

Sebenarnya Rio layak optimistis. Pebalap asal Solo ini sudah memenuhi syarat untuk bisa tampil di Formula 1.

Sesuai regulasi, salah satu syarat bagi pebalap ingin tampil di balap jet darat dunia itu adalah memiliki Lisensi Super. Untuk mendapatkan lisensi ini seorang pebalap harus punya pengalaman menjajal mobil F1.

Rio pernah mencoba mobil F1. Baru-baru ini dia melakukan uji coba dengan mobil Manor di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Syarat lainnya adalah pebalap tersebut harus berusia minimal 18 tahun dan konsisten mengikuti balap single sitter (kursi tunggal) dalam dua tahun terakhir. Rio pun memenuhi persyaratan tersebut.

Namun, Rio tak mau jemawa. "Kami masih menunggu prosesnya. Pihak Manor juga," tuturnya.

Seperti diketahui, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut sudah meneken kontrak bersama Manor, Senin (14/12/2015). Namun, keputusannya tampil di ajang F1 masih menunggu hasil verifikasi dari FIA yang merupakan otoritas tertinggi di ajang balap jet darat tersebut.

Video Populer

Foto Populer