Sukses


Cari Dana untuk Rio Haryanto, Kemenpora Akan Kumpulkan Pengusaha

Bola.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga berencana mengumpulkan para pengusaha untuk menggali dana bagi pebalap Indonesia, Rio Haryanto, supaya bisa tampil di ajang Formula 1 (F1) 2016.

Namun, sebelum mengundang para pengusaha, Kemenpora bakal meminta penjelasan dari pihak Rio terkait detail rencana penggunaan dana senilai 15 euro (Rp 224 miliar) yang akan disetorkan kepada tim F1 Manor tersebut. Hal itu untuk memudahkan penggalian dana dari para pengusaha tersebut.

“Kami sedang mencari orang yang tepat untuk mengumpulkan para pengusaha. Tapi sebelum itu, kami akan menunggu dulu detail anggarannya untuk apa saja,” ujar Menpora, Imam Nahrawi, dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (6/1/2016) malam.

Seperti diketahui, Rio butuh dana 15 juta euro atau setara Rp 224 miliar untuk disetorkan kepada tim F1, Manor Marussia, supaya bisa tampil di ajang balap jet darat musim 2016. Saat ini, kubu Rio baru mengantongi senilai 5 juta euro yang berasal dari Pertamina. Kemenpora berjanji membantu mencari 10 juta euro, bahkan telah mengirimkan surat garansi ke Manor terkait hal itu.

“Para pengusaha yang ingin menyumbang pasti bertanya dana 15 juta euro itu detailnya untuk apa saja. Terus keuntungan untuk mereka apa (jika ikut menyumbang) dan sebagainya,” ujar Menpora.

Oleh karena itu, Menpora berharap pihak Rio segera memberikan penjelasan detail seperti yang dibutuhkan. Hal itu demi memuluskan program pencarian dana melalui para pengusaha.

Pada pertengahan Desember lalu, Rio sudah meneken kontrak dengan Manor. Namun, kepastiannya tampil di ajang F1 masih menunggu hasil verifikasi dari otoritas tertinggi F1, FIA.

Video Populer

Foto Populer