Ini Alasan PBSI Kembali Menerima Vita Marissa di Pelatnas

Oleh Erwin Fitriansyah pada 07 Jan 2016, 19:15 WIB
Diperbarui 07 Jan 2016, 19:15 WIB
Vita Marissa
Vita Marissa, kembali masuk ke pelatnas PBSI setelah menjuarai ajang Kejurnas. (Humas PBSI)

Bola.com, Jakarta - Vita Marissa bukanlah pemain yang asing dengan pelatnas PBSI Cipayung. Pemain spesialis ganda berusia 35 tahun itu pernah menghuni pelatnas beberapa tahun yang lalu. Setelah keluar dari pelatnas, Vita tetap bermain dan memiliki sejumlah pasangan, baik di nomor ganda putri maupun campuran.

Prestasi Vita sebagai juara nomor ganda campuran di Kejurnas PBSI 2015 membuatnya berhak kembali ke pelatnas. Bersama pasangannya, Rafiddias Akhdan Nugroho, pintu ke pelatnas kembali terbuka.

“Kami sudah mengirim surat ke Vita dan menanyakan kesediaannya untuk kembali ke pelatnas. Ia sudah menjawab bersedia masuk lagi. Pekan depan ia sudah bergabung,” ujar Rexy Mainaky, Kabid Pembinaan dan Prestasi PBSI, Kamis (7/1/2015).

Meskipun usianya sudah cukup veteran, Vita dinilai masih bisa memberikan kontribusi buat pelatnas. Hanya saja, Rexy tidak menekankan pada prestasi berupa gelar juara buat pemain asal klub Djarum itu.

“Vita punya kelebihan dalam membimbing pemain muda dan membuat kemampuan mereka semakin berkembang. Hal itu yang bisa diberikan Vita setelah ia bergabung lagi dengan pelatnas,” ujar Rexy.

“Bukti Vita bisa membimbing pemain muda adalah saat bermain dengan Praveen Jordan dan Rafiddias,” sebut Rexy.

Praveen saat ini berduet dengan Debby Susanto dan menjadi pasangan pelapis dari Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir di pelatnas. Sementara Rafiddias pernah terdegradasi dari pelatnas, namun kini kembali berhak masuk bersama Vita.

Vita sebetulnya sudah mengumumkan rencananya untuk gantung raket di akhir tahun 2015. Namun panggilan pelatnas ini tak ditampik oleh Vita. Nantinya, ia tak akan tampil di turnamen internasional. Rencananya Vita akan lebih berperan sebagai mentor buat pemain muda.

Sepanjang karir, Vita memiliki pengalaman berduet dengan banyak pemain. Pada nomor ganda putri, Vita pernah berpartner dengan Lilyana Natsir, Greysia Polii, Nadya Melati, dan Mona Santoso. Sementara di nomor ganda campuran, Vita pernah berpasangan dengan Nova Widianto, Flandy Limpele, M. Rijal, Hendra Gunawan dan Praveen.

Bersama Lilyana, Vita pernah menjuarai China Masters 2007 dan Indonesia Terbuka 2008. Sedangkan di nomor ganda campuran, Vita pernah menjuarai Prancis Terbuka dan Singapura Terbuka 2007 bersama Flandy, serta Jepang Terbuka 2008 bersama Rijal.