Sukses


Gara-gara Angka 5, Messi Dibandingkan dengan Michael Jordan

Bola.com, Barcelona - Bintang NBA Michael Jordan dan superstar Barcelona, Lionel Messi, sudah berulang kali dibanding-bandingkan menggunakan berbagai kriteria subjektif. Namun, sekarang setidaknya ada satu hal yang mempersatukan mereka, yaitu angka lima.

Membandingkan kedua bintang olahraga dunia tersebut sebenarnya bukan hal mudah. Keduanya berkiprah di dua ajang yang berbeda, basket dan sepakbola. Namun, hal itu tak menghalangi publik untuk membuat berbagai analisis yang membanding-bandingkan Jordan dan Messi.

Seperti dilansir situs resmi Barcelona, Rabu (13/1/2016), ketika mereka masih muda, Messi dan Michael Jordan sama-sama dianggap terlalu kecil sebelum mengalami ledakan pertumbuhan mengejutkan di akhir masa remaja. Kemampuan untuk mendominasi pertandingan juga disebutkan sebagai persamaan mereka.

Intensitas mereka saat pertandingan, etos kerja sehari-hari, dan pamor mereka yang menjangkau berbagai belahan dunia adalah contoh hal yang juga dibanding-bandingkan.

Setelah Messi memenangi penghargaan Ballon d’Or untuk kali kelima pada Senin (11/1/2016), keduanya kembali dibandingkan. Prestasi Messi itu disejajarkan dengan lima penghargaan MVP milik Jordan di kancah NBA yang diraihnya bersama Chicago Bulls pada masa emas kariernya.

Namun, lima gelar MVP milik Jordan sejajar dengan prestasi Bill Russell (Boston Celtic) dan masih kalah dari enam gelar yang diraih Kareem Abdul-Jabbar. Pencapaian Jordan tersebut juga masih mungkin dilewati pemain yang masih aktif seperti LeBron James (4 kali). Di sisi lain, lima Ballon d’Or milik Messi adalah yang terbanyak. Hebatnya kans Messi menambah koleksi gelarnya juga masih terbuka.

Faktanya, dalam sejarah sepak bola, hanya empat pemain yang memenangi Ballon d’Or sebanyak tiga kali, yaitu Cristiano Ronaldo (2008, 2013, dan 2014), Marco van Basten (1988, 1989, dan 1992), Michel Platini (1983, 1984, dan 1985), dan Johan Cruyff (1971, 1973, 1974).

Yang jadi pertanyaan, jika Messi memenangi Ballon d’Or sebanyak enam kali, siapa yang akan dibandingkan dengannya?

 

Video Populer

Foto Populer