Kobe Bryant Kubur Mimpinya Tampil di Olimpiade 2016

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Jan 2016, 21:57 WIB
Diperbarui 17 Jan 2016, 21:57 WIB
Kobe Bryant
Pemain LA Lakers, Kobe Bryant, menyatakan telah mengubur impiannya untuk memperkuat Amerika Serikat di ajang Olimpiade 2016. (AFP/Mark Ralston)

Bola.com, Los Angeles - Bintang Los Angeles (LA) Lakers, Kobe Bryant, mengubur mimpinya untuk tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Hal itu diungkapkan The Black Mamba menjelang laga antara Lakers kontra Utah Jazz di Salt Lake City, Minggu (17/1/2016).

Dengan demikian, Kobe akan benar-benar menutup kariernya di ajang basket saat NBA musim ini berakhir. Dia memilih tak membidik Olimpiade karena ingin memberikan kesempatan kepada pemain lain untuk menikmati event bergengsi empat tahunan itu.

Keputusan tersebut juga telah disampaikan kepada Chairman Basket Amerika Serikat (AS), Jerry Colangelo, dan pelatih tim basket AS untuk Olimpiade, Mike Krzyzewski.

“Sejak rencana pensiun saya diumumkan, saya bisa melihat para pemain ini dengan pandangan berbeda. Saya sampai pada fakta bahwa mereka adalah masa depan permainan ini. Mereka yang lebih berhak pergi ke Rio,” kata Kobe, seperti dilansir AP.

“Pemain-pemain ini yang ingin dilihat para penonton. Mereka ini yang akan menunjukkan kepada fans di mana masa depan basket,” imbuh pemegang dua medali emas Olimpiade, pada 2008 dan 2012 itu.

Kobe mengatakan ada satu pemain yang sudah mendengar kabar ini sebelum resmi diumumkan. Saat Lakers bermain melawan Golden State Warriors pada Kamis (14/1/2016), guard tim lawan, Leandro Borbosa (asal Brasil), mendekat dan berkata, “Sampai jumpa di Rio.”

Kobe Byant langsung merespons cepat. “Tidaaak,” katanya.

Black Mamba mengatakan tak ingin memaksakan bermain di Olimpiade karena bisa merugikan tim AS. Dia khawatir jika sudah dipanggil dan cederanya kambuh, The Dream Team bisa kehilangan kesempatan merebut medali emas. Selain itu dia juga tak mau merebut kesempatan pemain muda yang lebih layak masuk ke tim Olimpiade.