Sukses


Imbas Virus Zika, AS Terancam Tak Ikut Olimpiade 2016

Bola.com, Jakarta Merebaknya penyebaran virus Zika di Amerika Selatan, terutama Brasil, mulai mengancam pelaksanaan Olimpiade Rio de Jenairo 2016. Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC) kemungkinan tak akan mengirimkan atlet untuk berlaga di event tersebut demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (10/2/2016), pernyataan tersebut disampaikan dalam conference call yang melibatkan pejabat USOC dan pemimpin Federasi Olahraga AS pada akhir Januari 2016. Hasil dari kesepakatan itu dibocorkan oleh dua orang yang berpartisipasi dalam conference call tersebut

Federasi Olahraga AS mendapat berbagai masukan, salah satunya dari Ketua Dewan Anggar. “Jika mereka tak merasa nyaman berangkat, sebaiknya tidak usah. Itu harus digarisbawahi,“ ujar Presiden dan Ketua Dewan Anggar AS, Donald Anthony.

Pertemuan antara USOC dan Federasi Olahraga Amerika tersebut menunjukkan keseriusan mereka menyikapi ancaman virus Zika yang menyebar di Amerika Selatan. Kedua pihak juga menyadari para atlet bakal menghadapi dilema apakah tetap berangkat atau batal ikut Olimpiade Rio de Jenairo.

AS adalah peraih medali terbanyak pada Olimpiade London 2012. Jika AS benar-benar absen, hal tersebut jelas menjadi pukulan telak bagi penyelenggara Olimpiade 2016. Olimpiade bakal berkurang geregetnya jika atlet-atlet Negeri Paman Sam tidak berpartisipasi.

Sementara itu, Brasil tak berdiam diri menghadapi penyebaran virus Zika. Presiden Brasil, Dilma Rousseff, telah menyatakan perang terhadap nyamuk Aedes Aegypti, yang menjadi penyebar Virus Zika. Zika diduga kuat menjadi penyebab wanita hamil melahirkan bayi dengan otak tak berkembang.

 

Video Populer

Foto Populer