Sukses


Jalani F1 Musim 2016, Manor Bakal Diperkuat 4 Pebalap?

Bola.com, London - Tim Formula 1, Manor Racing, dikabarkan bakal diperkuat empat pebalap pada musim 2016. Selain Pascal Wehrlein sebagai pebalap utama, tim yang bermarkas di Inggris itu dikabarkan bakal memberikan kesempatan kepada tiga pebalap lainnya, Rio Haryanto, Will Stevens, dan Alexander Rossi, untuk mengisi kursi kedua Manor.

Manor hingga saat ini baru mengumumkan satu pebalap untuk musim 2016, yakni Wehrlein. Satu kursi lainnya diperebutkan Rio Haryanto, Rossi, dan Stevens, yang masing-masing punya sponsor.

Rio telah menyetorkan uang muka tahap pertama senilai 3 juta euro atau setara Rp 44 miliar. Pebalap asal Solo, Jawa Tengah, masih harus menyerahkan tambahan uang muka senilai 2,5 juta euro atau setara Rp 37 miliar untuk mengamankan tempat di Manor.

Di sisi lain, Alexander Rossi juga optimistis mampu mendapatkan satu kursi tersisa di Manor. Begitu juga Will Stevens yang punya keyakinan besar bakal dipilih oleh tim yang kini menggunakan mesin Mercedes itu.

Namun, menurut kabar terbaru yang dirilis sejumlah media Eropa, termasuk BBC, Manor kemungkinan bakal berkata “ya” kepada ketiga pebalap tersebut.

“Ada rumor di lingkaran F1 bahwa kursi kedua Manor bakal diisi oleh tiga pebalap tersebut selama satu musim ini,” kata sebuah sumber di media Finlandia, Ita Sanomat, seperti dilansir Grandprix.com, Senin (15/2/2015).

Media itu menjelaskan kalender F1 2016 terdiri atas 21 seri, sehingga Rio, Rossi, dan Stevens kemungkinan masing-masing mendapatkan kesepakatan tujuh seri dengan Manor.

Rio Haryanto dikabarkan bakal mendapatkan kesempatan pertama untuk tampil hingga tujuh balapan, kemudian digantikan oleh pebalap lainnya. Rossi yang berasal dari Amerika Serikat kemungkinan bakal membalap di seri-seri Amerika Selatan dan Amerika Utara. Sisanya akan diambil oleh Stevens. Masih menurut media tersebut, kesepakatan masing-masing pebalap dengan Manor bernilai 5 juta euro.

Rencana Manor tersebut bisa dilakukan karena tidak melanggar regulasi. Menurut artikel 26.1 tertulis, “Sepanjang musim, masing-masing tim diperbolehkan menggunakan empat pebalap. Setiap pebalap baru bisa mencetak poin di klasemen.”

Belum ada konfirmasi resmi dari Manor Racing mengenai spekulasi tersebut. Yang jelas, hingga saat ini Manor belum mengumumkan satu pebalap lagi meskipun tes pramusim bakal digelar pada awal pekan depan.

Video Populer

Foto Populer