Sukses


Menpora Tak Rela Visit Malaysia Sponsori Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengaku tak rela jika pebalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, disponsori pihak asing, termasuk dari Kementerian Pariwisata Malaysia melalui program Visit Malaysia.

Seperti diketahui, Kementerian Pariwisata Malaysia sudah menghubungi manajemen Rio Haryanto untuk menjajaki kemungkinan menjadi sponsor selama pria berusia 23 tahun itu membalap di ajang Formula 1 (F1) bersama Manor Racing.

Namun manajer Rio, Piers Hunnisett, tak mau menjelaskan secara detil pembicaraan dengan perwakilan program Visit Malaysia itu. Selain Malaysia, menurut Piers datang juga tawaran dari beberapa perusahaan Jepang dan Singapura.

Menpora menegaskan sebisa mungkin Rio disponsori oleh perusahaan Indonesia atau dari pemerintah, bukan dari pihak asing.  

“Saya tak rela kalau ada pihak lain, apalagi ada embel-embel nama negara yang ingin menjadi sponsor Rio. Masih ada kesempatan untuk mendapatkan dana dari BUMN, pihak swasta di Indonesia atau Kemenpar (Kementerian Pariwisata) yang mungkin memasang logo Wonderful Indonesia,” kata Menpora, saat ditanya wartawan tentang ketertarikan program Visit Malaysia menjadi sponsor Rio, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (24/2/2016).

Menpora mengaku sudah dihubungi ayah Rio, Sinyo Haryanto, pada Selasa (23/2/2016), untuk membahas ketertarikan Visit Malaysia tersebut. Dia meminta manajemen Rio menahan dulu pembicaraan dengan pihak Malaysia.

“Tadi malam Pak Sinyo ngabari saya soal itu (Visit Malaysia). Saya bilang tahan dulu. Saya yakin ada anak Indonesia atau pengusaha Indonesia, yang bisa bantu,” imbuh Menpora.

Rio Haryanto membutuhkan dana total senilai 15 juta euro (Rp 225 miliar) supaya bisa berlaga selama semusim penuh di F1 bersama Manor Racing. Sejauh ini, manajemen mantan pebalap Campos Racing itu sudah menyetorkan dana 3 juta euro ke Manor dari kantong pribadi.

Sedangkan Pertamina memberikan 5 juta euro, namun baru disetorkan sebesar 2,25 juta euro. Sisanya akan dibayarkan ke Manor setelah seri ketiga F1 2016 yang akan digelar di Shanghai, Cina, 17 April 2016. 

Dengan demikian, Rio Haryanto masih membutuhkan 7 juta euro untuk menggenapi uang yang harus dibayarkan ke Manor Racing.

 

Video Populer

Foto Populer