Manajer: Debut Tes F1 Rio Haryanto Bersama Manor Memuaskan

Oleh Oka AkhsanReza Khomaini pada 25 Feb 2016, 10:30 WIB
Rio Haryanto

Bola.com, Barcelona - Debut impresif Rio Haryanto pada tes F1 di Barcelona, Spanyol, Rabu (24/2/2016), sempat dihiasi insiden kecil. Manajer Rio, Piers Hunnisett, memberikan penjelasan mengenai kejadian tersebut.

"Tak ada masalah apa-apa. Rio hanya melintir saja. Kesalahan seperti itu wajar karena ini masih pramusim. Rio pun masih beradaptasi dengan mobil dan lingkungan baru di F1. Namun, sejauh ini semua berjalan baik," kata Piers kepada Bola.com.

Mobil Manor MRT05 yang dikendarai Rio melintir dan berhenti di gravel tikungan 5 Sirkuit Catalunya pada pengujung sesi pagi. Namun, Rio tak mengalami cedera apapun. Mobilnya juga tak rusak parah sehingga tetap bisa ambil bagian pada sesi sore.

Rio mengambil pelajaran dari kesalahan yang dilakukannya. Pada sesi sore, Rio menjalani tes dengan mulus. Dia mengakhiri tes di posisi ke-12 dengan catatan waktu terbaik 1 menit, 28,249 detik dan melahap 78 lap.

Meski menempati posisi buncit, catatan statistik Rio sudah lumayan untuk ukuran debutan. Dia lebih cepat dari rekan setimnya, Pascal Wehrlein. Pada tes hari pertama, Wehrlein membukukan 1 menit, 28,292 detik. Rio membukukan catatan waktu tercepatnya dengan menggunakan ban medium, sedangkan Wehrlein ban soft. Pebalap asal Jerman itu pun cuma melahap 54 lap.

Membuat catatan waktu terbaik sepertinya bukan fokus utama Rio pada tes pertamanya. Dalam tes tersebut, dia lebih sering menggunakan ban keras dan medium serta melakukan long run.

Wehrlein mampu mencatat waktu 1 menit 25,925 detik pada hari kedua tes, Selasa (23/2/2016). Rio punya kesempatan untuk mengalahkan catatan waktu Wehrlein karena masih akan turun pada hari terakhir tes Barcelona, Kamis (25/2/2016). Tes berlangsung pada pukul 15.00-24.00 WIB.