PBSI Masih Andalkan Dua Nomor di All England

Oleh Erwin Fitriansyah pada 02 Mar 2016, 19:30 WIB
Diperbarui 02 Mar 2016, 19:30 WIB
Tontowi/Lilyana
Ganda campuran andalan PBSI, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir, juara All England tiga kali yang dibebani target meraih gelar yang sama di tahun 2016. (Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Jakarta - Turnamen bulutangkis prestisius All England bakal kembali digelar pada 8-13 Maret di Birmingham, Inggris. Indonesia yang diwakili sebagian besar atlet penghuni pelatnas PBSI masih mengandalkan nomor ganda putra dan ganda campuran untuk bersaing merebut gelar.

Baca Juga

Nomor ganda putra bakal mengandalkan pasangan Hendra Setiawan/M. Ahsan. Sementara di nomor ganda campuran harapan dibebankan pada Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir.

“Persiapan kami sudah sekitar sebulan. Banyak hal yang kami jadikan persiapan dan evaluasi. Sekarang tinggal menjaga kondisi saja. Jangan sampai persiapan yang sudah matang itu terganggu karena kondisi kami drop sebelum pertandingan dimulai,” ujar Butet, sapaan akrab Lilyana.

Tontowi/Lilyana adalah pemegang gelar All England tiga kali berturut-turut pada 2012, 2013, dan 2014. Tahun lalu mereka kalah di final dari pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Tontowi/Lilyana berharap kembali bisa naik ke podium tertinggi tahun ini.

Tontowi yang beberapa pekan lalu sempat terkena penyakit demam berdarah mengaku kondisinya sudah pulih sepenuhnya. “Kondisi saya sudah membaik. Setelah sempat istirahat karena sakit, kami melakukan persiapan dengan baik. Saya cukup yakin bisa kembali juara di All England,” tutur Tontowi.

Selain All England, beberapa atlet akan melanjutkan perjuangan ke turnamen Swiss Terbuka yang digelar tepat setelah All England. Dua turnamen ini menjadi ajang buat mengumpulkan poin ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

“Nomor ganda putra dan ganda campuran menjadi harapan utama untuk meraih gelar di All England. Tapi tak menutup kemungkinan di nomor lain seperti ganda putri juga ada peluang merebut gelar. Sementara di nomor lain, para atlet kami harapkan bisa mendapatkan poin yang bagus untuk bersaing mendapatkan tiket ke Olimpiade,” ujar manajer tim Indonesia ke All England, Ricky Soebagdja.

Rencananya, rombongan atlet PBSI ke All England dan Swiss Terbuka akan berangkat pada Sabtu (5/3/2016).