Sukses


Tes F1 yang Bagaikan Angin Ribut bagi Rio Haryanto

Bola.com, Barcelona - Tes pramusim Formula (1) hari terakhir di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Jumat (4/3/2016), berjalan kurang mulus bagi pebalap Indonesia, Rio Haryanto. Sang driver bahkan menyebut suasana pada tes hari keempat tersebut seperti angin ribut.

Mobil pebalap Manor Racing bernomor 88 tersebut mengalami kerusakan mekanik sehingga hanya menjalani installation lap pada sesi pagi. Meski demikian, Rio mengaku puas dengan hasil yang diperolehnya pada akhir tes sesi sore.

Pebalap yang sempat menjadi juara di tiga kesempatan pada ajang GP2 Series musim lalu tersebut total melahap 58 lap, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 25,899 detik. Ini merupakan rekor terbaik Rio sepanjang dua kali sesi tes pramusim di Sirkuit Catalunya. Namun, dia hanya berada di posisi ke-12 dari total 13 pebalap yang turun pada tes hari keempat. Posisi buncit ditempati pebalap Mercedes, Nico Rosberg.

“Ini sore yang sangat intens di lintasan, yang menutupi sesi pagi yang membuat frustrasi. Saya sangat senang kami merampungkan 58 lap,” kata Rio, seperti dilansir di laman Facebook Manor Racing.

Kru Manor membutuhkan waktu lama untuk memperbaiki masalah pada mobil MRT05 milik Rio. Perbaikan baru selesai ketika sesi pagi tinggal menyisakan beberapa menit. Pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu akhirnya hanya sempat melakukan installation lap.

Beruntung, masalah tersebut tak berlanjut pada tes sesi sore. Mobil Rio melaju kencang tanpa masalah hingga tes rampung sekitar pukul 24.00 WIB. Namun, pria yang menggemari klub Premier League, Manchester United, tersebut mengakui sesi tes hari keempat bagaikan angin ribut.

“Setelah jeda (istirahat makan siang) kami dengan cepat mencapai irama yang bagus dan kami bersama-sama membuka jalan melalui program yang sangat padat. Sejujurnya ini seperti angin ribut. Tapi saya merasa sudah siap setelah banyak tes yang kami lakukan hari ini,” beber Rio.

Capaian 58 lap setidaknya melebihi target yang ingin diusung Manor Racing. Seperti diungkapkan kemarin, tes hari terakhir ini dimanfaatkan Rio sebagai simulasi lomba. Untuk itu, dia setidaknya membutuhkan melahap 50 lap dan target tersebut terpenuhi.

Tes pramusim di Sirkuit Catalunya, Spanyol, ini menjadi uji coba terakhir bagi seluruh pebalap, termasuk Rio Haryanto. Para driver F1 selanjutnya bakal bersiap menjalani balapan pertama yang bakal digelar di Sirkuit Albert Park, Melbourne, 20 Maret 2016.

Video Populer

Foto Populer