Tontowi / Liliyana dan Praveen / Debby Mundur dari India Terbuka

Oleh Oka Akhsan pada 29 Mar 2016, 09:40 WIB
Diperbarui 29 Mar 2016, 09:40 WIB
Praveen Jordan/Debby Susanto
Praveen Jordan/Debby Susanto, salah satu pasangan ganda campuran Indonesia yang mundur dari India Terbuka 2016 bersama Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Jakarta - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto mundur dari turnamen India Terbuka 2016 yang digelar di Stadion Siri Fort, New Delhi, India, pada 29 Maret-3 April 2016. PBSI terpaksa menarik dua pasangan ganda campuran terbaik Indonesia itu karena masalah fisik.

Awalnya, Indonesia mendaftarkan tiga pasangan di nomor ganda campuran untuk turnamen level Super Series itu. Selain Tontowi/Liliyana yang menjadi unggulan pertama dan Praveen/Debby sebagai unggulan kelima, ada pula pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili.

"Saya menilai kondisi fisik Tontowi belum maksimal. Program untuk Tontowi pada pekan lalu harusnya lima ronde. Namun, dia hanya sampai tiga ronde," kata Richard Mainaky, kepala pelatih ganda campuran pelatnas, dalam rilis resmi PBSI, Senin (28/3/2016).

Problem kebugaran pula yang membuat Praveen Jordan/Debby Susanto batal turun di turnamen berhadiah total 300 ribu dolar AS (4 miliar rupiah) itu. Juara All England 2016 itu dinilai tak siap setelah melakukan banyak aktivitas luar lapangan.

"Praveen/Debby terlalu banyak mengikuti acara yang tak dapat kami tolak sehingga kondisi fisik mereka belum normal. Keduanya baru mulai berlatih pada pekan lalu. Mereka sedang menjalani persiapan untuk turnamen Malaysia Terbuka dan Singapura Terbuka 2016," ujar Richard.

Riky/Richi pun menjadi andalan tersisa di ganda campuran. Richard menargetkan keduanya bisa lolos ke delapan besar atau semifinal. Pada babak pertama, Riky/Richi akan menghadapi pasangan Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels.

Mundurnya Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto mengurangi jumlah wakil Indonesia di India Terbuka 2016. Meski demikian, peluang meraih gelar tetap terbuka. Pasalnya tim Merah-Putih masih memiliki sembilan wakil lain di nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri.

Wakil Indonesia di India Terbuka 2016

Tunggal Putra
Sony Dwi Kuncoro dan Tommy Sugiarto

Tunggal Putri
Linda Wenifanetri dan Maria Febe Kusumastuti

Ganda Putra
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi

Ganda Putri
Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istirani

Ganda Campuran
Riky Widianto/Richi Puspita Dili

 

Kalimat Haru Khabib Nurmagomedov Saat Putuskan Pensiun dari UFC