Sukses


Sebastian Vettel: F1 Seharusnya Tetap Olahraga, Bukan Hiburan

Bola.com, Sochi - Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, meminta otoritas Formula 1 (F1) membuat regulasi yang memastikan seri balapan jet darat tetap menjadi olahraga, bukan malah menonjolkan sisi hiburannya.

Juara dunia empat kali tersebut pernah mengkritik era “hibrid” F1, yang membuat pebalap tak bisa terus menggeber mobilnya secara optimal dari awal sampai akhir. Vettel menilai F1 punya kesempatan emas untuk mengubah regulasi teknik untuk musim 2017, demi memastikan balapan jet darat tetap menjadi puncak dari motorsport.

“Saya melihat Formula 1 adalah olahraga. Saya juga memahami F1 juga sebuah pertunjukkan (hiburan) , tapi bagi saya itu tetaplah olahraga,” kata Sebastian Vettel, seperti dilansir Crash, Minggu (24/4/2016).

“Ketika saya memulai balapan sebagai sesuatu yang sangat saya minati, yang paling menarik adalah balapan itu sendiri dan saat menggeber mobil. Saya tertarik balapan dengan anak-anak lain, berusaha menjadi yang pertama, berusaha menjadi yang tercepat. Saya rasa itu masih menjadi tantangan utama. Bagi saya, itu adalah hal yang paling penting,” imbuh dia.

Vettel berharap aturan-aturan yang ada jangan sampai mereduksi kecepatan mobil maupun kans saling beradu cepat di lintasan.

“Formula 1 selalu menjadi puncak motorsport, jadi seharusnya mobil-mobil F1 lebih cepat daripada seluruh mobil di bumi,” tegas Vettel.

Dalam beberapa kesempatan, Vettel mengatakan mobil-mobil di F1 seharusnya lebih seimbang dalam hal kecepatan dan lain-lain. Dengan demikian, balapan bisa berlangsung lebih ketat. Pria Jerman itu juga mengkritik keras upaya otoritas F1 yang lebih fokus meningkatkan unsur hiburan, satu di antaranya tentang aturan kualifikasi yang memicu kontroversi dari tim dan pebalap.

Format baru kualifikasi F1 akhirnya hanya dipakai dalam dua seri, yaitu di GP Australia dan GP Bahrain. Pada GP China, kualifikasi kembali ke format lama.

Video Populer

Foto Populer