Duit Bos F1 Menyusut Rp 8,7 Triliun, Lewis Hamilton Makin Kaya

Oleh Oka Akhsan pada 25 Apr 2016, 16:16 WIB
Diperbarui 25 Apr 2016, 16:16 WIB
Lewis Hamilton
Pebalap F1, Lewis Hamilton, untuk pertama kali masuk daftar 1.000 orang terkaya di Inggris versi Sunday Times. (REUTERS/Hamad I Mohammed)

Bola.com, London - Bos F1, Bernie Ecclestone, dan juara dunia bertahan lomba jet darat, Lewis Hamilton, masuk dalam daftar orang terkaya di Inggris versi Sunday Times. Hanya, peruntungan keduanya berbeda dalam setahun terakhir.

Ecclestone berada di posisi ke-42 dengan kekayaan sebesar 2,48 miliar poundsterling atau sekitar 47 triliun rupiah. Duit pria berusia 85 tahun itu berkurang sebesar 460 juta poundsterling (Rp 8,7 triliun) dibanding tahun lalu.

Penyusutan kekayaan Ecclestone dalam 12 bulan terakhir merupakan yang terbesar sejak dia bercerai dengan istri keduanya, Slavica, pada 2009. Kala itu, Chief Executive Formula One Group tersebut diperkirakan kehilangan 740 juta poundsterling (Rp 14 triliun).

Turunnya pamor F1 dalam beberapa tahun terakhir disinyalir menjadi penyebab utama menyusutnya kekayaan Bernie Ecclestone. Menurut F1 Fanatic, sirkus jet darat sudah kehilangan sepertiga penonton televisi di seluruh dunia sejak 2008. Selain itu, gaya hidup mewah kedua putri Ecclestone, Tamara dan Petra, juga berperan besar terhadap penurunan kekayaan sang ayah.

Sementara itu, Hamilton untuk pertama kalinya masuk 1.000 besar. Kekayaan pebalap Mercedes itu saat ini diperkirakan senilai 109 juta poundsterling (Rp 2 triliun). Pundi-pundi Hamilton bertambah pada tahun lalu setelah mendapat bonus besar hasil juara dunia musim lalu.

Selain Bernie Ecclestone dan Lewis Hamilton, beberapa figur beken lain dari F1 juga masuk dalam daftar, seperti bos McLaren, Ron Dennis, dan Team Principal Mercedes, Toto Wolff. Dennis punya kekayaan 300 juta poundsterling (Rp 5,7 triliun), sedangkan Wolff 240 juta poundsterling (Rp 4,5 triliun).

Kalimat Haru Khabib Nurmagomedov Saat Putuskan Pensiun dari UFC