Sukses


Greysia/Nitya Kontra Ganda Jepang Ukir Rekor Pertandingan Terlama

Bola.com, Wuhan - Pertandingan semifinal ganda putri di Kejuaraan Asia 2016 antara Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari kontra ganda Jepang, Naoko Fukuman/Kurumi Yonao, Sabtu (30/4/2016), memecahkan rekor sebagai laga terpanjang dalam sejarah bulutungkis dunia. Laga tersebut berlangsung selama 2 jam 41 menit atau 161 menit!

Menurut situs resmi BWF, itu merupakan laga terlama dalam sejarah bulutangkis. Namun, Federasi Bulutangkis Dunia tersebut tidak menyebutkan dengan detail siapa pemilik rekor sebelumnya, sebelum dipecahkan oleh duel Greysia/Nitya kontra Fukuman/Yanao.

Sayangnya, Greysia/Nitya gagal menyempurnakan rekor tersebut dengan tiket final Kejuaraan Asia 2016. Pasangan nomor dua dunia tersebut tersingkir setelah takluk dengan skor 13-21, 19-21, dan 22-24.

Duel pasangan Indonesia dan Jepang tersebut memang patut diacungi jempol. Untuk memperebutkan satu poin saja, mereka harus terlibat rally panjang dan diwarnai jatuh bangun di lapangan.

“Sudah tidak kepikiran lagi saat di lapangan, kami sudah main berapa lama. Fokus kami tetap bagaimana kami bisa mendapat poin. Kami hanya memikirkan bagaimana caranya biar bisa tahan dan saling support di lapangan,” kata Nitya, seperti dilansir situs resmi PBSI.

“Tidak kepikiran bisa main selama ini. Perasaannya sudah campur aduk, apalagi saat di lapangan sudah kram di gim kedua poin 14. Sempat kepikiran ingin menyerah, karena mikirnya masih banyak pertandingan penting seperti Olimpiade dan lain-lain. Saya enggak ingin mencederai diri sendiri. Pengin berhenti saja, bukan karena capek, tapi karena kaki memang sudah sakit sekali. Tapi pas di lapangan tidak tahu kenapa kok rasanya enggak mau menyerah, pengin merampungkan pertandingan,” timpal Greysia.

Untuk menutupi rasa lelah di lapangan, beberapa kali Greysia bahkan meneriakkan kalimat-kalimat penyemangat di saat shuttlecock masih di udara. “Semangat. Ayo. Masih bisa. Jangan mudah menyerah,” teriak Greysia.

Sebelumnya di pertandingan lain, Greysia/Nitya juga melewatinya dengan durasi yang tidak sebentar. Melawan ganda Malaysia, Vivian Kah Mun Hoo/Khe Wei Woon, di babak kedua, Greysia/Nitya menghabiskan waktu selama 78 menit. Selanjutnya di perempat final melawan ganda Korea, Jung Kyung-eun/Shin Seung-chan, Greysia/Nitya menang seusai main selama 82 menit.

Sementara itu, dalam penelusuran bola.com, laga bulutangkis terlama sebelumnya dicatatkan oleh tunggal putra Peter Rasmussen (Denmark) melawan pemain China, Sun Jun, di Kejuaraan Dunia 1997. Pertandingan itu berlangsung selama 124 menit.

Video Populer

Foto Populer