Sukses


F1 Sepakat Utamakan Halo daripada Aeroscreen untuk Musim 2017

Bola.com, Monako - Bos-bos Formula 1 (F1) sepakat memilih mengenalkan modifikasi Halo untuk musim 2017. Dalam pertemuan yang dihadiri bos-bos F1, Jumat (27/5/2016) di Monako, diputuskan Halo dipilih karena sudah terlalu terlambat mencoba mengenalkan Aeroscreen untuk tahun depan.

Seperti dilansir Motorsport, Sabtu (28/5/2016), selain bos-bos tim F1, pertemuan itu juga dihadiri Race Director, Charlie Whiting. Inti pertemuan adalah membahas dua sistem proteksi kokpit yang akan dipakai pada 2017. Tim harus memilih antara memakai Halo atau Aeroscreen.

Meskipun Aeroscreen yang dikembangkan Red Bull menerima banyak dukungan dari sebagian besar tim dan juga fans, perangkat tersebut belum diuji seintensif Halo. Para peserta rapat mengkhawatirkan adanya risiko tersembunyi jika memaksakan perangkat tersebut tetap digunakan pada 2017.

Keputusan final tentang kedua perangkat tersebut harus dibuat pada 1 Juli. Dengan waktu tersisa yang sangat terbatas, tim-tim terpaksa harus memilih. Halo dianggap sebagai solusi yang lebih masuk akal.

Perangkat proteksi kokpit, Aeroscreen, yang diuji coba oleh Red Bull. (Motorsport)

Meski demikian, F1 bakal tetap mengevaluasi Aeroscreen dengan program uji coba penuh. Dengan demikian, perangkat tersebut bisa diperkenalkan pada 2018.

Seperti diketahui, perangkat Halo kali pertama diperkenalkan oleh Tim Kuda Jingkrak Ferrari, sedangkan Aeroscreen digunakan kali pertama oleh Red Bull. Halo adalah desain kokpit yang tertutup sebagian, untuk meningkatkan perlindungan kepada pembalap dari puing-puing yang beterbangan. Adapun Aeroscreen lebih menyerupai kaca depan.

Video Populer

Foto Populer