Ini Antisipasi Lee Chong Wei Cs Hadapi Virus Zika di Olimpiade

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 19 Jun 2016, 15:15 WIB
Diperbarui 19 Jun 2016, 15:15 WIB
Lee Chong Wei
Le Chong Wei bersama rekan-rekannya yang tampil pada ajang Olimpiade 2016 mendapat suntik vaksin demi menghindari terjangkit virus Zika. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Petaling - Virus Zika yang tengah mewabah di Amerika Selatan membuat para atlet dan ofisial yang tampil pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro merasa khawatir.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut potensi penyebaran virus Zika pada saat Olimpiade sebenarnya terbilang kecil. Namun, pengumuman ini ternyata tak membuat atlet bernafas lega.

Tak terkecuali rombongan tim bulutangkis Malaysia yang dipimpin atlet nomor satu dunia, Lee Chong Wei. Federasi Bulutangkis Malaysia pun melakukan sejumlah cara untuk melindungi pasukannya dari virus yang cukup mematikan tersebut.

Salah satunya adalah memberi suntikan vaksin kepada pemain dan juga ofisial tim. Langkah ini diharapkan bisa meminimalisir risiko penularan virus zika.

"Sekarang kami telah mendapatkan vaksinasi, risiko penularan akan lebih rendah ketika kami tampil di Olimpiade," kata pemain ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon, seperti dikutip Malay Mail Online, Minggu (19/6/2016).

Sementara itu, pelatih ganda Malaysia, Jeremy Gan, memastikan suntik vaksin ini tak akan memengaruhi persiapan tim menuju Olimpiade. Bahkan, direktur teknik BAM, Morten Frost, mengatakan para pemain akan langsung latihan sehari setelah menerima vaksinasi.

Selain suntik vaksinasi, BAM juga menyiapkan beberapa langkah lain demi menghindari pemainnya terkena virus zika. Selain membawa obat nyamuk, BAM juga membekali para pemainnya dengan jaring nyamuk yang melindungi mereka saat tidur.

Seperti diketahui, BAM akan mengirimkan delapan pemain untuk turun pada ajang Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Mereka adalah Lee Chong Wei (tunggal putra), Tee Jing Yi (tunggal putri), Tan Wee Kiong, Goh Wei Shem (ganda putra), Vivian Hoo, Woon Khe Wei (ganda putri), Chan Peng Soon, dan Goh Liu Ying (ganda campuran).