Sukses


Senggolan dengan Hamilton, Rosberg Dinyatakan Bersalah

Bola.com, Spielberg - Duo pebalap tim Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg terlibat insiden pada lap terakhir F1 GP Austria di sirkuit Red Bull Ring, Minggu (3/7/2016). Keduanya bersenggolan saat memperebutkan posisi pertama.

Rosberg tengah memimpin lomba saat mobil Hamilton berusaha mendahului di tikungan dua. Rosberg berusaha menutup jalur Hamilton dan mobil keduanya bersenggolan.

Setelah keluar dari tikungan, Hamilton berada di depan, sementara mobil Rosberg mengalami kerusakan di bagian depan. Posisi Rosberg melorot karena disusul oleh Kimi Raikkonen (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull).

Pengawas lomba kemudian melakukan investigasi. Hasilnya, Rosberg dinyatakan bersalah dan mendapat hukuman penalti 10 detik.

"Setelah mempelajari rekaman dan data telemetri, kami memutuskan mobil 44 (Hamilton) berada di depan mobil 6 (Rosberg). Mobil 44 memiliki ruang yang bersih untuk berbelok. Mobil 6 tidak memberikan ruang dan bertanggung jawab atas terjadinya insiden," tulis rilis resmi FIA.

Meski dihukum, posisi Rosberg tak berubah karena ia memiliki keunggulan waktu yang lebih dari 10 detik dari Daniel Ricciardo (Red Bull) yang ada di peringkat lima.

Terkait insiden tersebut, Rosberg dan Hamilton sama-sama punya pembelaan.

"Saya berada di posisi dalam dan terkejut karena Hamilton tetap masuk. Saya memang kesulitan karena rem bermasalah dan ban mengalami degradasi," ujar Rosberg seperti dikutip crash.

"Nico melakukan kesalahan dan melebar. Saya menyusul dan dia berusaha melakukan blok dan senggolan itu terjadi," kata Hamilton.

Sebelumnya, mereka pernah mengalami insiden yang lebih serius di GP Catalunya. Kala itu Rosberg dan Hamilton bertabrakan di lap pertama saat berada pada posisi satu-dua.

Keduanya gagal finis lantaran mobil yang rusak berat. Mereka lolos dari hukuman karena pengawas lomba menilai keduanya sama-sama tak bersalah.

Video Populer

Foto Populer