Sukses


GP2 Hungaria: Sean Gelael Pede Bisa Raih Poin Lagi

Bola.com, Budapest - Kiprah pebalap Indonesia, Sean Gelael, pada ajang GP2 tak bisa dilepaskan dari Sirkuit Hungaroring. Di sirkuit yang terletak di Kota Budapest itu pemuda berusia 19 tahun tersebut untuk pertama kali menjajal mobil GP2 pada sesi latihan bebas GP2 Hungaria 2015.

Pada akhir pekan ini, Sean akan kembali ke Hungaroring. Bedanya, pebalap tim Pertamina Campos Racing itu saat ini sudah berstatus sebagai pebalap reguler yang turun sejak seri pertama.

Sean sekarang sudah tak bisa disamakan dengan tahun lalu. Pebalap yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia itu bukan lagi debutan yang masih hijau, tapi sudah menjelma menjadi pebalap yang matang.

Pada musim penuh pertamanya di GP2, Sean langsung menggebrak. Dari lima seri yang sudah dijalani, Sean berhasil dua kali meraih poin, termasuk kala naik podium kedua pada feature race GP2 Austria di Sirkuit Red Bull Ring, awal Juli 2016.

Meski sudah berpengalaman membalap di Hungaria plus punya bekal berupa performa bagus pada awal musim ini, Sean tetap mewaspadai tantangan Sirkuit Hungaroring yang dikenal tricky. Sirkuit sepanjang 4,3 km itu sempit dan punya banyak tikungan (14) yang mayoritas bertipe low dan medium speed.

"Sirkuit Hungaroring sangat teknikal. Saya sangat menikmati balapan di sini karena ada banyak tikungan yang seolah tak ada habisnya. Banyaknya tikungan jadi tantangan tersendiri karena pebalap tak punya banyak waktu untuk beristirahat," kata Sean dalam rilis yang diterima Bola.com, Kamis (21/7/2016).

Dengan banyaknya tikungan, mobil harus memiliki downforce yang bagus. Tim mesti mendapatkan setelan mobil yang pas untuk menyesuaikan dengan karakter sirkuit dan gaya pebalap.

Faktor cuaca juga memainkan peranan penting. Berdasarkan laporan perkiraan cuaca, sesi kaulifikasi pada Jumat (22/7/2016) berlangsung dalam cuaca cerah. Sementara itu, hujan diprediksi akan turun pada feature race, Sabtu (23/7/2016), dan sprint race, Minggu (24/7/2016). Jika lintasan basah, makan tantangan buat pebalap bakal semakin besar.

"Sirkuit ini dikenal kerap memunculkan hal yang tak terduga saat balapan. Karena itu, kami harus meminimalisir kesalahan. Jika bisa melakukannya, saya yakin bisa meraih poin di sini," kata Sean.

Menjelang GP2 Hungaria, Sean Gelael masih bercokol di posisi ke-13 dengan koleksi 24 poin. Tahun lalu, Sean finis di peringkat ke-18 pada feature race dan ke-20 di sprint race. Pada balapan sebelumnya di Silverstone, Inggris, 9-10 Juli 2016, Sean gagal meraih poin.

Video Populer

Foto Populer