Sukses


F1 GP Jerman: Hamilton Juara, Wehrlein Finis di Depan Rio

Bola.com, Hockenheim - Pebalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, menjuarai balapan F1 GP Jerman, Minggu (31/7/2016). Dia mengalahkan duo Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen, yang finis pada posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu, pebalap Manor Racing, Rio Haryanto, harus puas finis di posisi ke-20. Sedangkan Pascal Wehrlein, rekan tim Rio, finis di posisi ke-17.

Nasib kurang baik dialami Nico Rosberg. Pebalap Mercedes GP ini gagal memanfaatkan keuntungan sebagai pemegang pole position. Rosberg melakukan start dengan buruk hingga posisinya melorot ke posisi keempat.

Selepas start, posisi terdepan ditempati Hamilton. Verstappen yang start dari posisi keempat melakukan awal yang luar biasa. Dia mampu menyodok ke posisi kedua selepas start.

Sementara Rio juga mengawali balapan dengan kurang baik hingga posisinya melorot ke posisi 22. Bahkan, pada lap ke-7, Rio sempat bersenggolan dengan Wehrlein.  

Akibat kejadian ini, sayap depan mobil Rio mengalami masalah. Sementara mobil Wehrlein tampak baik-baik saja. Meski demikian, satu lap kemudian, Rio justru sukses nangkring pada posisi ke-18. Sementara itu, Wehrlein berada di posisi ke-16.

Pada lap ke-13, Rio sempat menempati posisi ke-15. Namun, itu tak bertahan lama. Posisi Rio kembali melorot ke-22 setelah masuk ke dalam pit.

Pada lap ke-21, Rio berhasil naik satu peringkat setelah merebut posisi Felipe Nasr. Enam lap kemudian, pebalap berusia 23 tahun ini naik ke posisi 20 setelah Joylon Palmer masuk ke dalam pit. Kini dia mengincar posisi Marcus Ericsson yang berada di depannya.

Pada lap ke-29, terjadi pertarungan sengit antara Verstappen dengan Rosberg seusai keduanya keluar dari pit. Verstappen sempat keluar jalur sebelum akhirnya masuk ke dalam lintasan di belakang Rosberg.

Insiden ini pun diinvestigasi Race Director. Hasilnya, Rosberg dinyatakan bersalah karena memaksa Verstappen keluar jalur. Pebalap asal Jerman itu kemudian dihukum penalti lima detik.

Nasib apes dialami Felipe Massa. Pebalap Williams itu harus mengakhiri balapan pada lap ke-38 karena mengalami masalah pada mobilnya.

Tak ingin finis di posisi buncit, Rio memacu jet daratnya dengan maksimal. Ini terbukti dari data yang didapat dari speed trap pada lap ke-49. Kecepatan Rio mencapai 350 km/jam!

Pada lap ke-62, Nasr mengakhiri perjuangannya karena mengalami masalah mesin. Ini membuat Rio kemudian naik ke posisi 20.

Pada akhir balapan, dominasi Hamilton tak terbendung. Pebalap asal Inggris itu menjadi yang pertama menyentuh garis finis setelah sejak awal balapan selalu berada di depan. Sementara Rio Haryanto dan Wehrlein tak mampu memperbaiki posisinya.

Hasil F1 GP Jerman, Minggu (31/7/2016)
(Pebalap—Tim—Catatan Waktu)

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1 jam 30 menit 44,200 detik
2. Daniel Ricciardo (Red Bull) +06,900 detik
3. Max Verstappen (Red Bull) +13,400 detik
4. Nico Rosberg (Mercedes) +15,800 detik
5. Sebastian Vettel (Ferrari) +32,500 detik
6. Kimi Raikkonen (Ferrari) +37,000 detik
7. Nico Hulkenberg (Force India) +70,000 detik
8. Jenson Button (McLaren) +1 lap
9. Valtteri Bottas (Williams) +1 lap
10. Sergio Perez (Force India) +1 lap
11. Esteban Gutierrez (Haas) +1 lap
12. Fernando Alonso (McLaren) +1 lap
13 Romain Grosjean (Haas) +1 lap
14. Carlos Sainz Jr (Toro Rosso) +1 lap
15. Daniil Kvyat (Toro Rosso) + 1 lap
16. Kevin Magnussen (Renault) +1 lap
17. Pascal Wehrlein (Manor) +2 lap
18. Marcus Ericsson (Sauber) +2 laps
19. Jolyon Palmer (Renault) +2 lap
20. Rio Haryanto (Manor) +2 lap

Video Populer

Foto Populer