Sukses


Rossi Beri Sinyal Tak Akan Gantikan Rio di Manor

Bola.com, Hockenheim - Pebalap cadangan Manor Racing, Alexander Rossi, tak yakin bakal turun balapan pada paruh kedua F1 2016 menggantikan Pascal Wehrlein atau Rio Haryanto. Rossi juga belum punya rencana untuk kembali ke lomba jet darat pada musim 2017.

Rossi sempat membalap untuk Manor Marussia dalam lima seri F1 2015. Namun, pebalap berusia 24 tahun itu gagal menjadi pebalap reguler Manor pada musim ini karena kalah bersaing dengan Wehrlein dan Rio.

Terdepak dari kursi pebalap reguler Manor, Rossi akhirnya memilih berkiprah pada ajang balap IndyCar. Pebalap tim Andretti-Herta Autosport itu meraih kemenangan pertamanya pada seri Indianapolis 500, 29 Mei 2016.

Selain membalap di IndyCar, Rossi juga menjalani peran sebagai pebalap cadangan Manor. Artinya, dia bisa turun balapan jika salah satu dari Wehrlein atau Rio berhalangan tampil.

"Dalam klausul kontrak disebutkan jika Manor kekurangan pebalap, saya bisa mengisi slot kosong itu. Namun, saya tak tahu apakah hal itu akan terjadi. Sampai sekarang belum ada pembicaraan soal rencana membalap untuk Manor pada sisa musim ini," kata Rossi kepada Motorsport.

Rossi juga mengesampingkan rumor yang menyebut bahwa dirinya punya kans beraksi pada balapan F1 GP AS di Circuit of the Americas (COTA), Texas, Oktober mendatang.

"Saya hanya fokus di IndyCar sampai akhir musim (pertengahan September). Setelah itu, saya ingin mengamankan posisi saya di IndyCar pada musim depan. Bohong jika saya tak tertarik (balapan di AS bersama Manor), tapi di sisi lain saya harus menyelesaikan hal lain terkait masa depan saya," ujar Rossi.

Rossi merupakan salah satu kandidat pengganti Rio Haryanto di Manor pada sisa musim ini. Kursi pebalap asal Indonesia itu sedang terancam karena kekurangan sponsor. Terkait hal ini, Rossi lagi-lagi memilih bersikap realistis.

"Saya tak berada dalam posisi untuk menggantikan siapa pun di Manor. Saya tak tahu pasti situasi yang dialami Rio. Memang saya sudah mendengar berita dan rumor soal Rio, tapi saya tak tahu apa yang bakal terjadi di masa depan," kata Rossi.

"Jika Rio Haryanto bisa dapat sponsor, maka saya tak akan membalap untuk Manor. Sebaliknya, kalau salah satu pebalap Manor sakit, cedera, atau alasan lain, maka saya baru bisa balapan. Namun, saya tak yakin hal itu bakal terjadi," tutur Alexander Rossi.

Video Populer

Foto Populer