Sukses


Dianggap Keteteran Duel dengan Rio, Wehrlein Curhat

Bola.com, Banbury - Pebalap Manor Racing, Pascal Wehrlein, buka suara setelah dianggap keteteran berduel dengan rekan setimnya, Rio Haryanto, pada paruh pertama F1 2016.

Wehrlein dan Rio sama-sama berstatus sebagai pebalap debutan pada musim ini. Namun, Wehrlein yang diprediksi bakal bersinar dan dengan mudah mengalahkan Rio.

Maklum, Wehrlein datang ke F1 dengan membawa embel-embel pebalap didikan Mercedes dan juara ajang DTM termuda sepanjang sejarah. Bandingkan dengan Rio yang hanya menempati peringkat keempat GP2 Series 2015. Wehrlein bahkan digadang-gadang sebagai calon juara dunia F1 di masa depan.

Wehrlein sebenarnya mampu memenuhi ekspektasi tersebut. Pebalap berusia 21 tahun asal Jerman itu berhasil mempersembahkan poin pertama buat Manor pada musim ini di GP Austria. Dia juga 11 kali mengalahkan Rio saat lomba.

Hanya, dominasi Wehrlein atas Rio tak terjadi pada sesi kualifikasi. Dia tercatat lima kali kalah dari 12 seri yang sudah berlangsung pada musim ini.

Catatan itu pun membuat media-media Eropa memuji performa Rio. Meski demikian, Wehrlein tetap menganggap dirinya tampil lebih baik daripada rekannya yang berusia dua tahun lebih tua itu.

"Kualifikasi dan lomba itu berbeda. Saya unggul 11-1 dalam lomba, termasuk saat finis ke-10 di Austria. Kalian tak meraih poin pada Sabtu (hari digelarnya sesi kualifikasi)," kata Wehrlein kepada majalah otomotif Prancis, Auto Hebdo.

Wehrlein juga mengaku senang dengan performanya sebelum jeda musim panas. Menurutnya, target awal Manor untuk meraih poin pada musim ini sudah tercapai.

"Berkat satu poin di Austria, kami kini ada di posisi ke-10 klasemen konstruktor di atas Sauber. Hasil ini sudah bagus," ujar Wehrlein.

Sama seperti Rio, nasib Wehrlein di Manor pada musim depan juga masih menjadi tanda tanya. Belakangan dia pun mulai dikaitkan dengan Force India dan Haas.

"Saya masih belum tahu akan ke mana pada 2017. Kontrak saya di Manor cuma setahun. Jadi, saya hanya bisa menunggu. Musim pertama tak ada yang sempurna, tapi hasil di Austria menguntungkan posisi saya. Saya bisa mendapat banyak kesempatan pada paruh kedua musim," kata Wehrlein.

Usai libur musim panas, F1 2016 akan menggelar seri ke-13 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, pada 28 Agustus. Pascal Wehrlein bisa saja punya rekan setim baru di Manor Racing andai Rio Haryanto gagal mendapatkan sponsor baru.

Video Populer

Foto Populer