Sukses


Sinyal Rio Haryanto Masih Balapan pada F1 GP Belgia

Bola.com, Francorchamps - Kiprah Rio Haryanto pada F1 2016 terancam berakhir prematur karena kendala dana. Pebalap kebanggaan Indonesia itu berpeluang terdepak dari tim Manor Racing pada paruh kedua musim.

Rio harus membayar sebesar 15 juta euro atau sekitar 219 miliar rupiah untuk membalap selama semusim penuh bersama Manor. Sejauh ini, manajemen pebalap berusia 23 tahun itu baru bisa menyetor 8 juta euro (Rp 117 miliar).

Berdasarkan kontrak awal, Rio seharusnya hanya tampil pada seri ke-11, yaitu GP Hungaria, 24 Juli. Namun, Manor memberikan kesempatan bagi Rio untuk tetap beraksi sampai seri ke-12, yakni GP Jerman, 31 Juli.

Selepas balapan di Sirkuit Hockenheim, F1 2016 memasuki libur musim panas selama empat pekan. Rio pun memiliki waktu untuk mencari sponsor guna menutupi kekurangan pembayaran ke Manor sebesar 7 juta euro (Rp 102 miliar).

Menurut Rio, dia diberi tenggat waktu selama dua pekan oleh Manor untuk mendapatkan dana segar. Jika gagal memenuhi batas waktu, maka Manor bisa saja mengganti Rio dengan pebalap lain. Sejauh ini sudah ada beberapa nama yang disebut-sebut bakal menjadi pengganti Rio, seperti Jordan King, Alexander Rossi, Stoffel Vandoorne, dan Esteban Ocon.

Balapan pertama selepas jeda musim panas adalah GP Belgia, pada 28 Agustus. Sesuai regulasi, pemasok ban Pirelli harus mengumumkan pilihan ban setiap tim dan pebalap maksimal dua pekan sebelum lomba digelar.

Pirelli telah merilis daftar tersebut pada Jumat (5/8/2016). Menariknya, nama Rio Haryanto masih tercantum di dalamnya. Rio dan rekan setimnya, Pascal Wehrlein, memilih empat ban medium, empat ban soft, dan lima ban supersoft.

Fakta tersebut menimbulkan spekulasi bahwa Rio masih akan tampil di Spa-Francorchamps. Namun, semua masih belum pasti sampai ada pengumuman resmi dari Manor Racing.

Dari 12 seri awal F1 2016, Rio Haryanto belum meraih poin. Dia hampir selalu kalah saat lomba dari Pascal Wehrlein yang sudah menyumbangkan poin buat Manor Racing di Austria. Namun, Rio mampu memberikan perlawanan kepada rekan setimnya itu pada kualifikasi.

Video Populer

Foto Populer