Kisah 5 Pebalap yang Pernah Cuti dari Arena F1

Oleh Yus Mei Sawitri pada 08 Sep 2016, 18:30 WIB
Diperbarui 08 Sep 2016, 18:30 WIB
Pebalap yang pernah cuti dari arena F1. (Reuters/Wikipedia)
Pebalap yang pernah cuti dari arena F1. (Reuters/Wikipedia)

Bola.com, Jakarta - Kabar besar datang pada F1 GP Italia 2016, pekan lalu. McLaren mengumumkan Jenson Button bakal cuti balapan pada musim 2017 sekaligus memberi jalan bagi sang junior, Stoffel Vandoorne, menempati kursi pebalap utama bersama Fernando Alonso. 

Button menegaskan tak akan pensiun pada musim depan. Ada opsi untuk kembali membalap pada musim 2018. Namun, bukan tak mungkin juara dunia F1 2009 tersebut tak akan membalap lagi.

Di ajang F1, ada sejumlah pebalap yang memutuskan cuti tapi akhirnya kembali lagi ke lintasan atau lanjut pensiun. Lima di antara mereka berstatus mantan juara dunia. Siapa saja mereka?

Berikut ini 5 mantan juara dunia F1 yang pernah cuti dari lintasan:

Kimi Raikkonen

Tinggalkan F1: 2009
Kembali: 2012

Pebalap teranyar yang mengambil cuti dari arena F1 adalah Kimi Raikkonen. Dia meninggalkan Ferrari pada 2009 untuk mengakomodasi kepindahan Fernando Alonso ke tim Kuda Jingkrak .

Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen. (REUTERS/Sergio Perez)

Saat menepi dari lintasan F1, juara dunia F1 2007 tersebut membalap di ajang WRC dan NASCAR. Pada 2012, dia memutuskan kembali ke F1 dengan bergabung ke Lotus, dan memenangi Grand Prix di Abu Dhabi pada tahun itu.

Dua tahun berselang, dia kembali lagi ke Ferrari menggantikan Felipe Massa untuk berpartner dengan Alonso. Saat ini, Raikkonen masih bersama Ferrari dengan rekan setim, Sebastian Vettel.

2 dari 3 halaman

1

Alain Prost
Mantan juara dunia F1, Alain Prost. (Total Sportek))

Alain Prost

Tinggalkan F1: 1991
Kembali: 1993

Alain Prost dipecat oleh Ferrari setelah mengkritik secara terbuka performa buruk tim pada 1991. Dia memutuskan cuti selama setahun sebelum bergabung dengan Williams pada tahun berikutnya.

Saat bergabung ke Williams, pria Prancis tersebut meminta klausul di kontrak yang melarang rival terberatnya, Ayrton Senna, bergabung dengannya di tim tersebut. Padahal saat itu Williams sedang dominan di ajang F1.

Tak heran, Prost dengan mudah memenangi gelar juara dunia F1 untuk kali keempat. Tapi, setelah itu, Williams memutuskan menggaet Senna, sehingga Prost memutuskan pensiun dari arena F1.

Michael Schumacher

Tinggalkan F1: 2006
Kembali: 2010

Legenda F1, Michael Scumacher, memutuskan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya pada 2006. Saat itu, pebalap Ferrari itu telah meraih hampir segalanya dan memecahkan banyak rekor di arena F1.

Michael Schumacher (JOSE JORDAN / AFP)

Schumacher membuat kejutan besar saat memutuskan comeback ke lintasan F1 bersama Mercedes pada 2010. Juara dunia tujuh kali tersebut hanya mampu naik podium sekali sepanjang tiga tahun membalap seusai pensiun.
Masalah ban jadi kendala utama. Pria Jerman tersebut kesulitan beradaptasi dengan ban Pirelli dan juga tak banyak melakukan uji coba.

3 dari 3 halaman

2

Nigel Mansell
Mantan juara dunia F1, Nigel Mansell. (Boisdale Life)

Nigel Mansell

Tinggalkan F1: 1992
Kembali: 1994

Nigel Mansell berhasil merebut titel juara dunia bersama Williams pada 1992. Tapi, hubungannya dengan tim memburuk setelah Williams menggaet Alain Prost pada musim 1993. Padahal, Mansell meninggalkan Ferrari untuk hijrah ke Williams karena hubungannya dengan Prost kurang harmonis.

Pria Inggris tersebut akhirnya memilih berkiprah di ajang IndyCar dan langsung mendulang hasil signifikan dengan meraih pole position dan kemenangan pada debutnya. Mansell bahkan memenangi gelar di IndyCar dan menjadi pebalap pertama yang mampu menyandingkan gelar juara F1 dan IndyCar.

Pada musim 1994, Mansell kembali ke ajang F1 bersama Williams. Dia tak mampu menyamai kecepatan rekan setimnya, Damon Hill, tapi memenangi race terakhir pada musim itu di Australia.

Pada musim 1995, Mansell bergabung dengan McLaren tapi absen pada awal musim karena tak cocok dengan mobilnya. Dia akhirnya pensiun dari F1 setelah dua balapan dan tanpa poin, serta frustrasi dengan mobil McLaren yang tak kompetitif.

Mika Hakkinen

Tinggalkan F1: 2001
Kembali: Tak Pernah

Pemegang dua gelar juara dunia F1, Mika Hakkinen, mengumumkan cuti dari arena F1 pada musim 2001. Dia memberi jalan kepada kompatriotnya, Kimi Raikkonen, pada musim berikutnya.

Mantan pebalap Formula 1, Mika Hakkinen, menghadiri Laureus World Sport Awards di Abu Dhabi, UEA, Rabu (10/3/2016). (AFP/Marwan Naamani)

Baru menjalani cuti selama sembilan bulan, Hakkinen mengumumkan memilih pensiun dari F1 seusai berbincang dengan Bos McLaren, Ron Dennis, mengenai masa depannya.

Jadi, apakah Button bakal kembali ke arena F1 seperti Alain Prost atau bakal lanjut pensiun seperti Hakkinen? Waktu yang akan menjawabnya…

Lanjutkan Membaca ↓
Nominasi Ballon d'Or dari Liga Inggris