FP1 GP Singapura: Duo Red Bull Perkasa, Rosberg Tabrak Dinding

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 16 Sep 2016, 18:57 WIB
Diperbarui 16 Sep 2016, 18:57 WIB
F1 GP Singapura
Pebalap Red Bull Racing, Mac Verstappen, menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas pertama F1 GP Singapura, Jumat (16/9/2016). Sedangkan pebalap Mercedes GP, Nico Rosberg, menabrak dinding pembatas jelang akhir latihan.

Bola.com, Singapura - Pebalap Red Bull Racing, Marc Verstappen, menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas (FP1) F1 GP Singapura, Jumat (16/9/2016). Dia lebih cepat daripada rekan setimnya, Daniel Ricciardo.

Pada sesi pertama ini, Verstappen menorehkan waktu lap terbaik 1 menit 45,823 detik. Dia unggul 0,049 detik dibanding Ricciardo yang menempati posisi kedua.

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, menempati posisi ketiga dengan torehan waktu 1 menit 46,287 detik. Sedangkan dua pebalap Mercedes GP, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, menduduki posisi keempat dan kelima.

Belum lama FP1 berjalan, Jenson Button harus masuk ke pit. Mobil pebalap asal Inggris itu tampak mengalami masalah dan berhenti di pinggir lintasan.

Pemandangan lucu terlihat saat dua marshal mendorong mobil Button hingga ke pit. Posisi mobil Button yang mogok memang tak jauh dari pit.

Hamilton dan Rosberg kembali bersaing ketat, dengan saling mengalahkan catatan waktu lap terbaik. Saat FP1 tersisa 1 jam, Hamilton menjadi yang tercepat. Namun, beberapa menit berselang, Rosberg mematahkan waktu lap terbaik rekan setimnya itu dengan torehan 1 menit 46,523 detik.

2 dari 2 halaman

2

Vettel sempat mengalami insiden ketika ban mobilnya menyentuh dinding pembatas dan mengeluarkan percikan. Beruntung, pebalap asal Italia itu tak mengalami kecelakaan parah dan masih bisa melanjutkan latihan.

Setelah Vettel, giliran Alonso yang mengalami kejadian serupa. Ban mobil pebalap asal Spanyol itu menyentuh dinding pembatas dan mengeluarkan percikan api. Sama seperti Vettel, Alonso, masih bisa melanjutkan latihan.

Kurang dari 30 menit jelang FP1 berakhir, dua pebalap Red Bull Racing menguasai daftar pebalap tercepat. Verstappen menempati posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 45,823 detik. Sementara Ricciardo ada di posisi kedua dengan selisih 0,049 detik dari Verstappen.

Nasib apes dialami Rosberg jelang FP1 berakhir. Dia menabrak dinding pembatas pada tikungan ke-18. Alhasil, sayap depan mobil Rosberg rusak parah.

Hingga akhir FP1, Verstappen masih menjadi pebalap dengan catatan waktu lap terbaik. Diikuti Ricciardo, Vettel, Hamilton, dan Rosberg yang membuntuti pada posisi lima besar.

Hasil sesi latihan bebas pertama F1 GP Singapura, Jumat (16/9/2016). (Twitter/F1)

Lanjutkan Membaca ↓