Turun Gunung, Max Biaggi Bantu Rival Tim Valentino Rossi di Moto3

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 12 Nov 2016, 18:15 WIB
Diperbarui 12 Nov 2016, 18:15 WIB

Bola.com, Valencia - Max Biaggi turun gunung. Eks pebalap MotoGP itu akan menjadi tim principal Mahindra Racing, rival tim Valentino Rossi, VR46 Sky Racing, dalam ajang Moto3.

Namun, Biaggi mengaku tugasnya bukan membimbing tim Mahindra yang turun di kejuaraan dunia. Biaggi menyebut dirinya akan fokus memimpin tim Mahindra yang turun pada ajang CIV Championship, kejuraaan nasional di Italia.

"Saya akan bekerja bersama Mahindra Racing dan menjadi duta mereka. Saya akan memantau beberapa balapan Moto3 dan MotoGP untuk mereka, tapi tidak seluruh musim. Saya akan fokus ke Moto3 yang berlomba di kejuaraan nasional dan meningkatkan bakat-bakat muda di Italia," tutur Buaggi seperti dikutip Crash, Sabtu (12/11/2016).

Meski sebagai tim principal, pemegang enam gelar juara dunia balap motor ini juga menginvestasikan sejumlah uang ke tim Mahindra. Dengan investasi itu, Biaggi berhak mengorbitkan dua pebalap muda Italia, Alessandro Del Bianco dan Davide Baldini.

"Ini proyek besar. Saya sebagai tim principal tapi juga menginvestasikan uang saya. Beberapa orang juga akan membantu, tapi Anda harus berinvestasi dalam hal struktur dan sumber daya manusia. Saya telah banyak menginvestasikan banyak hal dalam tim karena orang yang tepat bisa memberikan perbedaan," katanya.

Pria berusia 45 tahun itu mengatakan membantah keinginannya untuk mengorbitkan Del Bianco dan Baldini hanya untuk menyaingi mantan rivalnya, Valentino Rossi, yang sudah lebih dulu mendirikan VR46 Sky Academy.

"Ini bukan seperti kompetisi dengan VR46 Academy atau sesuatu seperti itu. Kami tak fokus pada hal besar. Hanya akan ada dua pebalap, dua kesempatan, dan dua kemungkinan. Kami ingin memberikan dukungan sebaik mungkin kepada dua orang ini," ujar Biaggi.