Sukses


F1: Manor Mau Bangkrut, Peluang Buat Rio, Ancaman Bagi Wehrlein

Bola.com, Jakarta - Manor Racing terancam bangkrut dan tak bisa mengikuti kompetisi F1 musim 2017. Keadaan memprihatinkan tim asal Inggris itu sebenarnya menjadi peluang besar bagi pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto, untuk kembali ke F1 musim depan.

Media Jerman, Auto Bild, memberitakan Manor Racing tengah mengalami krisis finansial saat ini. Keadaan tersebut memaksa Manor menarik dua pay driver untuk membiayai operasional tim jika masih ingin bertahan di F1.

Kabar ini tentu saja menjadi angin segar untuk Rio yang hingga kini belum mendapatkan kursi untuk kembali ke ajang F1. Pebalap berusia 23 tahun itu bisa kembali ke Manor jika membawa dana yang jumlahnya tentu tak sedikit.

Sekadar gambaran, musim lalu, Rio bergabung dengan Manor setelah ditawari kesempatan dengan syarat menyerahkan dana 15 juta euro (setara 225 miliar rupiah). Namun, Rio hanya sanggup membayar 7 juta euro (sekitar 100 juta rupiah) hingga pertengahan musim. Posisinya pun kemudian digantikan Esteban Ocon karena tak juga membayar sisa dana saat batas yang telah ditentukan. 

Dengan gencarnya Rio mencari sponsor setelah tergusur dari kursi Manor, bukan tidak mungkin kali ini nominal itu kini bisa disanggupi Rio. 

Jika kebangkrutan Manor menjadi peluang untuk Rio, maka keadaan sebaliknya dirasakan oleh Pascal Wehrlein. Pebalap asal Jerman itu kemungkinan besar didepak oleh Manor karena tak termasuk dalam daftar pay driver.

Perlu diketahui, Wehrlein bergabung dengan Manor dengan jaminan Mercedes memberikan potongan harga untuk pembelian mesin mobil F1. Dengan keadaan saat ini mungkin saja Manor akan lebih memilih mendepak Wehrlein dan mencari pay driver demi mendapatkan dana segar.

Ini sebenarnya bukan kali pertama Manor Racing mengalami masalah keuangan. Sebelumnya tim yang berbasis di Inggris itu sempat mengalami masalah serupa pada 2015, tapi berhasil terselamatkan berkat suntikan dana dari pengusaha asal Irlandia, Stephen Fitzpatrick, yang menebus Manor dengan nilai 500 ribu poundsterling.

Patut dinantikan apakah Rio Haryanto benar akan merapat ke Manor Racing atau tidak. Apalagi manajer Rio, Piers Hunniset, telah memberikan pernyataan bahwa dalam waktu dekat akan ada kabar baik terkait masa depan Rio di F1.

 

Video Populer

Foto Populer