Sukses


Eks Rekan Rio Haryanto Paling Berpeluang Rebut Kursi Mercedes

Bola.com, Zurich - Saga pencarian pebalap baru Mercedes pengganti Nico Rosberg yang pensiun secara mendadak usai jadi juara dunia F1 2016 terus berlanjut. Pemberitaan di media-media besar Eropa pada pekan ini memberi sinyal calon rekan setim Lewis Hamilton pada F1 2017 adalah eks rekan Rio Haryanto, Pascal Wehrlein.

Harian olahraga Spanyol, Marca, pada Jumat (9/12/2016) memberitakan kursi yang ditinggalkan Rosberg bakal menjadi milik Wehrlein yang berstatus sebagai pebalap junior Mercedes. "Itu merupakan permintaan khusus dari Hamilton yang menolak kedatangan pebalap top," tulis Marca.

Sementara itu, bos Mercedes, Toto Wolff, membantah keterlibatan Hamilton dalam pencarian pebalap baru. Namun, dia tak menepis rumor soal Wehrlein.

"Kami membidik tiga nama. Jika Nico memberitahukan kami lebih awal bahwa dia akan pensiun, segalanya akan lebih mudah. Mungkin kami harus mengambil keputusan berani," ujar Wolff kepada surat kabar Swiss, Blick.

Koresponden F1 veteran Blick, Roger Benoit, mengklaim tiga pebalap yang dimaksud Wolff adalah Fernando Alonso (McLaren), Valtteri Bottas (Williams), dan Wehrlein.

Alonso belakangan memang gencar dikaitkan dengan Mercedes. Namun, manajemen Alonso menegaskan dua kali juara dunia F1 itu tak akan meninggalkan McLaren karena masih terikat kontrak hingga 2018.

"Setiap ada kursi kosong di tim top, nama Fernando pasti selalu disebut-sebut. Namun, kami masih memiliki kontrak dan akan menghormatinya," ujar anggota manajemen Alonso, Flavio Briatore, kepada La Gazzetta dello Sport.

Bottas juga masih terikat kontrak dengan Williams. Chairman Mercedes, Niki Lauda, menegaskan Tim Panah Perak tak akan menggaet pebalap yang masih terikat kontrak. "Kami tak ingin menimbulkan kericuhan," tambah Toto Wolff.

Soal pengalaman, jam terbang Wehrlein di F1 belum sebanyak Alonso dan Bottas. Namun, pebalap asal Jerman itu merupakan target yang paling realistis. Apalagi dia belum punya tim untuk tahun depan.

Awalnya, Mercedes berencana menyekolahkan Wehrlein di Sauber untuk satu hingga dua tahun ke depan. Namun, dia kini berpeluang besar promosi lebih cepat. Wehrlein bisa menjadi solusi jangka pendek Mercedes sebelum kembali masuk bursa pebalap pada 2018.

"Pada 2018 situasinya lebih mudah karena banyak pebalap bagus yang kontraknya habis," tutur Wolff.

Pada F1 2016, Pascal Wehrlein membalap untuk Manor Racing. Dia sempat berduet dengan Rio Haryanto yang digantikan Esteban Ocon pada paruh kedua musim. Wehrlein menyumbangkan satu poin buat Manor hasil finis ke-10 di Austria.

Video Populer

Foto Populer