Sukses


Tontowi Bicara soal Liliyana dan Tantangan Bimbing Gloria

Bola.com, Jakarta - Tontowi Ahmad mengatakan kemungkinan tetap berpasangan dengan Liliyana Natsir hingga satu atau dua tahun ke depan. Namun, dia juga bakal serius saat diduetkan dengan Gloria Emanuelle Widjaja pada beberapa turnamen demi mulusnya proses regenerasi. 

Tontowi Ahmad akan coba dipasangkan dengan Gloria pada turnamen Malaysia Masters Grand Prix Gold 2017 di Sibu, Sarawak, Malaysia, 17-22 Januari 2017. Namun, Tontowi mengatakan duet ini hanya sementara. Proyeksi utama Tontowi tetap berduet dengan Liliyana. 

"Kemungkinan 1-2 tahun ke depan masih sama Ci Butet (panggilan Liliyana). Jadi, kemungkinan di turnamen-turnamen besar berpasangan dengan Ci Butet. Adapun dengan Gloria mungkin menjajal di kejuaraan-kejuaraan kecil untuk persiapan regenerasi," kata Tontowi, ketika ditanya tentang tandemnya di nomor ganda campuran, di sela-sela acara di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (30/12/2016). 

Tontowi Ahmad mengakui berpasangan dengan Liliyana dan Gloria secara permainan bakal sangat berbeda. Kedua pemain memiliki karakter, skill, serta pengalaman yang berbeda. 

"Gloria lebih muda (dibandingkan Liliyana) jadi permainannya lebih agresif. Tenaganya masih sangat besar," kata Tontowi tentang gaya bermain Gloria. 

"Gloria juga galak di bola-bola belakang. Itu yang membedakan Gloria dengan Ci Butet secara tipe permainan," imbuh pria kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah tersebut.

Saat disingggung mengenai permainan Gloria di lapangan depan, Tontowi mengakui kemampuan sang junior masih jauh dibandingkan Liliyana. "Kalau soal main di depan, tak ada yang lebih baik dari Ci Butet," ujat Tontowi sembari tertawa. 

Sebagai pemain senior, Tontowi punya tugas untuk membimbing Gloria. Peran tersebut sebelumnya dibebankan kepada Liliyana saat awal-awal berpasangan dengan Tontowi. Jauh sebelum itu, Liliyana juga pernah merasakan dibimbing rekan duetnya terdahulu, Nova Widianto. 

Menularkan ilmu kepada pemain yang lebih muda jelas bukan tugas yang mudah. Meski demikian, Tontowi optimistis mampu menjalani peran tersebut. "Mudah-mudahan bisa," kata Tontowi Ahmad singkat. 

Video Populer

Foto Populer