Liberty Media Depak Bernie Ecclestone, F1 Masuki Era Baru

Oleh Oka Akhsan pada 24 Jan 2017, 12:14 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 12:14 WIB

Bola.com, London - F1 akan memasuki era baru. Liberty Media pada Senin (23/1/2017) mengumumkan telah resmi merampungkan pembelian F1 dan mendepak Bernie Ecclestone dari jabatan sebagai CEO setelah berkuasa selama 40 tahun.

Namun, Ecclestone tak 100 persen meninggalkan F1. Liberty Media memberikan posisi baru buat pria asal Inggris itu sebagai chairman emeritus yang berhak memberikan masukan kepada dewan direksi F1.

"Saya bangga dengan semua pencapaian yang telah saya raih bersama F1 selama lebih dari 40 tahun. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dengan saya. Saya sangat senang bisnis ini diambil alih oleh Liberty yang siap berinvestasi demi masa depan F1," kata Ecclestone seperti dikutip dari Autosport, Selasa (24/1/2017).

Liberty Media menunjuk Chase Carey untuk menggantikan Ecclestone sebagai CEO dan Chairman baru F1. Menurut Associated Press, Carey merupakan eks CEO News Corporation.

"F1 bisa menjadi seperti saat ini berkat Bernie dan tim yang dipimpinnya. Dia akan selalu menjadi bagian dari keluarga besar F1," kata Carey.

Setelah resmi menjabat sebagai CEO dan Chariman F1, Carey langsung bergerak cepat dengan menunjuk mantan engineer, team principal, dan pemilik tim F1 Ross Brawn sebagai managing director of motorsports F1.

Brawn punya jam terbang yang sangat tinggi dan memiliki sederet prestasi di F1. Dia total telah memenangi 19 titel bersama Williams, Benetton, Ferrari, dan Brawn GP. Brawn mundur dari F1 pada 2013 setelah empat musim bersama Mercedes.

"Senang rasanya bisa kembali ke dunia F1. Saya sangat menikmati peran sebagai konsultan buat Liberty Media dalam beberapa bulan terakhir dan kini sudah tak sabar segera bekerja untuk membantu proses evolusi F1 agar bisa semakin baik demi fans," ujar Brawn.

Carey juga menunjuk mantan wakil presiden eksekutif sales dan marketing ESPN Sean Bratches sebagai managing director for commercial operation F1.

Juara dunia musim 2016 yang telah pensiun Nico Rosberg mengatakan inilah saat yang tepat bagi F1 untuk memasuki era baru.

"Bernie Ecclestone telah melakukan pekerjaan hebat! Namun, F1 butuh perubahan. Tuan Carey, semoga Anda bisa membuat F1 berjaya lagi," kata Rosberg.