Bernie Ecclestone Tanggapi Rumor Bikin Ajang Balap Tandingan F1

Oleh Oka Akhsan pada 28 Jan 2017, 09:28 WIB
Diperbarui 28 Jan 2017, 09:28 WIB
Bernie Ecclestone
Eks CEO F1, Bernie Ecclestone, membantah rumor akan membuat ajang balap baru untuk menandingi F1. (Autosport)

Bola.com, London - Mantan CEO F1, Bernie Ecclestone, membantah rumor akan membuat ajang balap baru sebagai tandingan F1. Ecclestone mengaku tak ingin menghancurkan F1 yang telah dia besarkan selama lebih dari 40 tahun.

Rumor Ecclestone bakal membentuk ajang balap baru mencuat setelah pemilik baru F1, Liberty Media, mendepak pria asal Inggris itu dari jabatan sebagai CEO F1. Liberty menunjuk Chase Carey sebagai pengganti Ecclestone.

"Saya ingin meluruskan rumor yang menyebut saya akan membuat sebuah ajang balap untuk menandingi F1," kata Ecclestone, yang buka suara untuk pertama kali setelah tak lagi menjabat sebagai CEO F1, kepada Reuters, Jumat (27/1/2017).

"Saya telah membangun kejuaraan ini selama hampir 50 tahun. Saya bangga akan hal itu dan tak ingin kejuaraan ini hancur," ujar Ecclestone.

Pada era Bernie Ecclestone, F1 hanya fokus meraup keuntungan dari kontrak televisi dan hak penyelenggaraan balapan (race hosting fees) sehingga seolah melupakan penggemar. Bahkan, Ecclestone rela menghapus balapan tradisional demi mementaskan sirkus jet darat di negara tanpa tradisi balap yang kuat tapi memiliki uang.

Di sisi lain, Carey berniat mengembangkan F1 di AS, menarik minat generasi muda lewat platform media sosial, dan menjaga agar balapan tradisional F1 di Eropa tak hilang dari kalender. Dia juga ingin memangkas biaya operasional dan memberikan hadiah uang yang merata kepada seluruh tim untuk menciptakan persaingan yang lebih ketat tanpa adanya dominasi tim tertentu.

"Sebagai CEO, wajar jika fokus saya adalah mencari keuntungan finansial. Itulah yang saya lakukan selama bertahun-tahun dan selalu membuat para pemegang saham puas. Saya berharap fans F1 mengapresiasi apa yang telah saya lakukan untuk membesarkan kejuaraan ini," kata Ecclestone.

"Tentu pemilik baru F1 bisa menjalankan perusahaan dengan pendekatan yang berbeda. Akan sangat menyenangkan jika saya bisa memiliki kebebasan seperti yang didapat Chase Carey yang berencana mengembalikan uang itu ke olahraga ini," ujar Ecclestone.

Setelah tak lagi jadi CEO, Ecclestone kini mendapat peran baru sebagai chairman emeritus yang bertugas menjadi penasihat bagi dewan eksekutif F1. Dia juga telah memberi sinyal akan tetap hadir dalam balapan. "Saya bukan seorang pensiunan," tutur Bernie Ecclestone.

Kalimat Haru Khabib Nurmagomedov Saat Putuskan Pensiun dari UFC