Tontowi / Liliyana Gagal Tembus Semifinal All England

Oleh Yus Mei Sawitri pada 11 Mar 2017, 02:30 WIB
Diperbarui 11 Mar 2017, 02:30 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Bola.com, Birmingham - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, gagal lolos ke semifinal All England 2017 setelah takluk dengan skor 21-16, 19-21, 12-21, dari pasangan Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, di Barclays Arena, Birmingham, Sabtu (11/3/2017) dini hari WIB. 

Hasil ini menjadi ulangan pertandingan musim lalu. Pada All England 2016, langkah Tontowi/Liliyana juga kandas pada perempat final saat meladeni duo Adcock. Mendapat dukungan publik tuan rumah, Chris/Gabrielle tampil ulet meski sempat kedodoran pada gim pertama. 

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir awalnya memberikan sinyal bakal memenangi pertandingan dengan meyakinkan. Pasangan peraih medali Olimpiade Rio 2016 tersebut bahkan langsung mendulang empat poin beruntun berkat tampilan agresif pada awal gim pertama. 

Dominasi ganda Indonesia berlanjut hingga gim pertama berakhir. Tontowi/Liliyana juga terbantu dengan banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan duo Adcock. Mereka akhirnya memenangi gim ini dengan margin lima poin.

Tak mau menyerah dengan mudah di depan publik sendiri, duo Adcock bangkit pada gim kedua. Mereka langsung bermain agresif sehingga membuka jarak lebar dengan Tontowi/Liliyana. Saat interval, ganda Inggris tersebut unggul jauh 11-4. 

Meski demikian, Tontowi/Liliyana tak mau melepas gim ini begitu saja. Perlahan mereka mengejar perolehan poin hingga sempat imbang 19-19. Sayangnya, fase krusial ini gagal dimanfaatkan Owi/Butet. Gim ini dimenangi ganda Inggris sehingga memaksakan pertandingan berlanjut ke gim ketiga. 

Pada gim penentuan, duo Adcock lagi-lagi langsung melaju kencang. Tontowi/Liliyana kesulitan mengimbangi permainan ganda tuan rumah dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Saat interval, duo Adcok sudah unggul 11-6. Margin antara kedua pasangan bertambah lebar setelah interval. Tontowi/Liliyana pun akhirnya menyerah dari duo Adcock dengan gap sembilan poin. 

Dengan kegagalan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Indonesia tinggal berharap pada ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon untuk merebut tiket ke semifinal All England 2017. 

Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Gronya Somerville