Ini Komentar Tontowi / Liliyana Setelah Kandas di All England

Oleh Yus Mei Sawitri pada 11 Mar 2017, 06:45 WIB
Diperbarui 07 Apr 2017, 04:49 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Bola.com, Birmingham - Langkah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di All England 2017 terhenti pada babak perempat final setelah kalah dari Chris Adcock/Gabrielle Adcock dengan skor 21-16, 19-21, 12-21, di Barclays of Arena, Birmingham, Jumat (10/3/2017) malam waktu setempat. 

Kekalahan ini memupus harapan Tontowi/Liliyana untuk menambah koleksi titel di turnamen bulutangkis tertua di dunia tersebut. Pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 tersebut menilai gim kedua menjadi titik kegagalan mereka. 

“Gim kedua sayang sekali kami tidak bisa ambil padahal sudah unggul 19-17. Harusnya saya main panjang-panjang, tapi saya malah main halus, jadi mudah ditebak lawan. Empat poin saya yang bikin mati. Itu cukup berpengaruh dalam permainan kami berikutnya,” ujar Tontowi setelah pertandingan, seperti dilansir situs PBSI. 

“Kuncinya memang pada gim kedua. Setelah ketinggalan dan balik mengejar, permainan kami sebenarnya sudah balik enak di lapangan. Di situ empat poin beruntun berpengaruh sekali buat kami,” imbuh Liliyana.

Pada game penentu, pasangan Indonesia ini hanya bisa unggul di poin awal, dengan 3-0 dan 4-3. Poin-poin berikutnya, Tontowi/Liliyana kembali ditekan lawan. Mereka mengaku tak bisa mengembangkan permainannya, meski sudah berusaha.

“Pada game ketiga kami tidak mau lengah dan kalah begitu saja. Kami tetap mencoba bangkit. Tapi lawan sudah lebih in dan percaya diri. Jadi berapa kali kami mencoba, tetap tertekan terus, tidak bisa keluar dari permainan lawan,” jelas Liliyana.

“Game ketiga mereka sudah lebih percaya diri. Dan kami juga mainnya lambat,” tambah Tontowi.

Kekalahan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada babak perempat final, mengulai hasil mereka tahun lalu di turnamen ini. Pada All England 2016, Tontowi/Liliyana juga dikalahkan Adcock/Adcock pada babak delapan besar.