Sukses


Gerry Salim Kembali Kumandangkan Indonesia Raya di Malaysia

Bola.com, Johor - Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Gerry Salim, kembali mengumandangkan lagu Indonesia Raya di Sirkuit Johor, Malaysia, setelah menjuarai balapan kedua kelas Asia Production (AP) 250 pada seri pembuka Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017, Minggu (2/4/2017).

Bagi Gerry, ini merupakan kemenangan keduanya pada akhir pekan ini. Sebelumnya, dia juga naik podium teratas pada balapan pertama, Sabtu (1/4/2017).

Namun, jika pada balapan pertama Gerry harus bertarung ketat hingga lap terakhir untuk meraih kemenangan, jalan pebalap kelahiran Surabaya, Jawa Timur, itu untuk menjuarai balapan kedua lebih mulus. Dia mendominasi balapan dari lap pertama hingga lap terakhir.

Memulai balapan dari grid ketiga, Gerry langsung melesat ke depan selepas tikungan pertama melewati dua pebalap yang start di depannya, Anupab Sarmoon (Thailand) dan Takehiro Yamamoto (Jepang). Anupab terus membayangi Gerry, sedangkan Yamamoto melorot ke peringkat keempat setelah disalip pebalap AHRT lain, Rheza Danica Ahrens. Namun, Rheza terkena hukuman ride through penalty karena melakukan jump start.

Anupab terus berusaha membuntuti Gerry pada tiga lap awal. Namun, alih-alih mendekat, Anupab malah disalip Rheza pada lap keempat. Gerry pun bisa membuka jarak dengan Anupab yang tertahan Rheza. Saat Rheza menjalani hukuman pada akhir lap keempat, Gerry sudah jauh meninggalkan Anupab. Pada lap ketujuh, selisih antara Gerry dan Anupab sudah 1,5 detik. Yamamoto naik ke peringkat ketiga, sedangkan Rheza tercecer di baris belakang saat masuk ke trek setelah menjalani hukuman.

Jauh memimpin, Gerry yang menggeber motor Honda CBR2500RR tetap tenang dalam menjaga jarak dengan Anupab dan mampu menjaga selisih selalu di atas satu detik tanpa membuat kesalahan. Dia akhirnya finis pertama 1,715 detik di depan Anupab. Podium terakhir menjadi milik Yamamoto setelah memenangi duel sengit dengan sesama pebalap Jepang, Tomoyoshi Koyama.

"Saya mencoba menekan hingga lap kelima karena ingin menjauh dari pebalap yang ada di posisi kedua. Setelah itu, saya mencoba untuk menghemat usia ban. Saya berhasil melakukannya sehingga jarak saya dengan pebalap di belakang saya menjauh," kata Gerry dalam wawancara selepas balapan.

Gerry kembali mencetak sejarah. Setelah menjadi pebalap Indonesia pertama yang memenangi balapan kelas AP 250, dia juga menjadi pebalap Indonesia pertama yang meraih kemenangan ganda pada kelas tersebut.

Selain performa impresif Gerry Salim, aksi comeback heroik juga diperlihatkan Rheza. Meski posisinya sempat melorot jauh di belakang setelah menjalani penalti, dia secara luar biasa mampu melewati para pebalap yang ada di depannya satu demi satu hingga akhirnya finis kelima. Rider AHRT lain Awhin Sanjaya juga finis di posisi 10 besar di peringkat kedelapan. Seri kedua kelas AP 250 ARRC 2017 akan digelar di Sirkuit Chang, Buriram, Thailand, pada 14-15 April 2017.

Hasil Lomba

1. Gerry Salim (Indonesia/Honda) 20 menit 54,397 detik
2. Anupab Sarmoon (Thailand/Yamaha) +1,715 detik
3. Takehiro Yamamoto (Jepang/Honda) +4,653
4. Tomoyoshi Koyama (Jepang/Honda) +4,842
5. Rheza Danica Ahrens (Indonesia/Honda) +10,239
6. Andy Muhammad Fadly (Indonesia/Kawasaki) +10,375
7. Peerapong Luiboonpeng (Thailand/Yamaha) +10,827
8. Awhin Sanjaya (Indonesia/Honda) +11,361
9. Galang Hendra Pratama (Indonesia/Yamaha) +17,640
10. Reynaldo Christantho Ratukore (Indonesia/Yamaha) +18,472

Klasemen Sementara

1. Gerry Salim (Indonesia/Astra Honda Racing Team) 50 Poin
2. Takehiro Yamamoto (Jepang/Sidrap Honda Ikazuchi Racing Team) 36 Poin
3. Anupab Sarmoon (Thailand/Yamaha Thailand Racing Team) 36 Poin
4. Rheza Danica Ahrens (Indonesia/Astra Honda Racing Team) 24 Poin
5. Tomoyoshi Koyama (Jepang/Rama Honda) 22 Poin
6. Awhin Sanjaya (Indonesia/Astra Honda Racing Team) 19 Poin
7. Peerapong Luiboonpeng (Yamaha Thailand Racing Team) 19 Poin
8. Andy Muhammad Fadly (Indonesia/Manual Tech Kawasaki Racing) 18 Poin
9. Galang Hendra Pratama (Indonesia/Yamaha Racing Indonesia) 14 Poin
10. Yusuke Nakamura (Jepang/Akeno Speed Racing Team) 10 Poin

 

Fantastis… Gerry Salim Dan Honda Kembali Ukir Tinta Emas Gerry Salim kembali menorehkan tinta emas dalam catatan sejarah balap di Asia. Keberhasilannya meraih podium pertama di race 2, mentasbihkan dirinya sebagai pebalap Indonesia pertama yang memenangkan balapan dua race berturut-turut di kelas AP250 cc ARRC (1-2/4). Sangat fenomenal karena prestasi gemilang ini dicetak bersama Honda CBR250RR yang baru tahun ini diturunkan di balap Asia. Artinya, pebalap dan motor debutan tapi langsung mencetak sejarah. Dua kali Indonesia Raya dikumandangkan di sirkuit Johor Bahru, Pasir Gudang Malaysia. Dua kali Merah Putih berkibar di podium tertinggi. Gerry Salim dan Honda sukses membawa kehormatan Indonesia di pentas balap asia. Good Job Team. We Proud of you! #astrahondaracingteam #indonesiajuara #hondacbr250rr

A post shared by Astra Honda Racing Team (@astrahondaracingteam) on

Video Populer

Foto Populer