Ricciardo Sebut Alonso Tampil di Indy 500 karena Frustrasi

Oleh Yus Mei Sawitri pada 23 Apr 2017, 09:15 WIB
Fernando Alonso

Bola.com, Sakhir - Keputusan pebalap McLaren, Fernando Alonso, absen di F1 GP Monako demi tampil di ajang Indianapolis 500 mendapat dukungan dari driver Red Bull, Daniel Ricciardo. Menurut Riccoardo, Alonso memilih waktu yang tepat untuk melakoni debut di kancah Indy 500.  

Ricciardo menilai Alonso butuh penyegaran sejenak menyusul keterpurukan tim McLaren-Honda pada musim ini. Namun, langkah yang diambil Alonso tetap memicu kontroversi karena sirkuit jalan raya di Monako merupakan trek terbaik bagi McLaren. Tahun lalu Alonso mampu finis di posisi kelima, menyamai pencapaian terbaiknya sejak meninggalkan Ferrari pada akhir 2014.  

"Fernando merindukan sesuatu yang menyenangkan. Selain itu, jika Anda tak bertarung di depan, maka balapan akan terasa panjang," ujar Ricciardo, mengomentari keputusan Fernando Alonso, seperti dilansir Autosport, Sabtu (22/4/2017). 

"Sangat keren dia melakukan itu. Dia memilih waktu yang tepat. Itu sebuah kesempatan dan dia menjalaninya bersama tim yang bagus. Saya merasakan rasa frustrasinya soal posisinya di F1 saat ini," kata Ricciardo.

Pebalap Australia tersebut mengklaim kemungkinan akan mengambil keputusan yang sama jika berada di posisi Alonso seperti saat ini. "Jika mendapat kesempatan, saya mungkin juga akan melakukannya, apalagi pada posisi dan usianya saat ini," tegas Ricciardo.  

Sebagai fan balapan NASCAR, Ricciardo mengaku tak terlalu tertarik menjajal Indy 500. Dia lebih tertantang turun di ajang Daytona 500. Tapi, Ricciardo menegaskan tak ingin menjajal balapan selain F1 dalam waktu dekat. 

"Mungkin, jika sudah mendekati akhir karier di F1, saya akan mencari opsi lain. Sekarang, tak ada yang menarik. Saya hanya ingin mobil F1 yang lebih kencang daripada mobil IndyCar yang cepat atau yang lain," ujar Ricciardo.

Balapan Indy 500 bakal berlangsung pada bulan depan. Fernando Alonso akan memperkuat tim Andretti Autosport.